News  

Terbaru dari Oppo: Aplikasi Chatting Tanpa Pulsa, WiFi, atau Bluetooth

Share


JAKARTA, DIDIKPOS.COM – Dulu, SMS menjadi layanan penting. Namun, fungsinya kini digantikan aplikasi layanan pesan instan yang menggunakan jaringan internet sebagai pengganti pulsa.

Tak hanya itu, inovasi lain juga sedang disiapkan vendor smartphone asal China, Oppo. Perusahaan ini memperkenalkan MeshTalk. Layanan pesan instanini tidak membutuhkan pulsa, paket data, WiFi, maupun Bluetooth untuk berkirim pesan.

Menariknya, meshTalk bisa memuat pesan berupa teks, suara, hingga telepon ke sesama ponsel Oppo. MeshTalk merupakan layanan terdesentralisasi dengan menggunakan sistem end-to-end, menggunakan sinyal yang terbenam di dalam perangkat.

Dikkutip kompas.com, Oppo mengklaim layanan ini tidak akan banyak mempengaruhi usia baterai.

“Aplikasi MeshTalk tetap bisa berfungsi saat daya ponsel sedang kritis. MeshTalk bisa dimanfaatkan untuk IoT, navigasi dalam ruangan, dan marketing. Layanan ini belum final, sebagaimana KompasTekno lansir dari Android Authority,” sebut laman Oppo, Jumat (28/6/2019).

Ke depan, Oppo akan memperbaiki beberapa hal seperti konsumsi daya dan kekuatan sinyal. Belum diketahui kapan layanan ini akan diluncurkan. Oppo juga tidak menjabarkan model atau spesifikasi ponsel apa yang bisa digunakan untuk mengakses MeskTalk.

Sebenarnya, layanan semacam ini bukanlah baru pertama muncul. Pada 2014, layanan serupa muncul dengan nama FireChat. Namun saat itu, layanan tersebut masih bertumpu pada koneksi Bluetooth dan peer-to-peer WiFi.***