Ini Moderasi Islam ala UIN SGD Bandung

Share

BANDUNG, DIDIKPOS.COM – Rektor Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung, Prof. Mahmud, menegaskan komitmen lembaganya untuk lebih implementatif dalam membangun gerakan moderasi Islam.

Secara fisik, fasilitas pendukungnya sudah dibangun di kampus 3 Cileunyi dan terus akan dikembangkan. Nantinya akan ada miniatur Rumah Moderasi Islam di Jawa Barat yang berasal dari berbagai kabupaten dan kota.

“Ini akan jadi ciri khas dan terobosan dari kami. Saat ini sudah ada dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat sebanyak 2 lantai, Kementerian PUPR 3 lantai, dan dalam proses  dari Kabupaten Bandung yang dibangun di atas lahan seluas 20.854 m2,” jelas Mahmud saat ekspos pembangunan Rumah Moderasi Islam UIN Sunan Gunung Djati Bandung bersama tim dari Pemerintah Daerah Kabupaten Bandung, di Aula O Djauharuddin AR, kampus UIN SGD, Jalan A.H Nasution 105, Bandung, Kamis (4/7/2019).

Gerakan moderasi Islam tersebut merupakan bagian dari komitmen UIN SGD untuk menjadi agen penyebar gerakan Islam moderat di Jawa Barat juga Indonesia.

“Rumah moderasi Islam itu adalah rumah besar bagi mahasiswa yang terpilih, diasramakan di situ, menjadi hafiz, ahli tafsir dan hadis, serta perangkat ilmu agama lainnya. Mereka juga menguasai perangkat ilmu pengetahuan dan teknologi, canggih di bidang iptek. Ulama zaman now yang moderat juga update dengan perkembangan dunia digital, itu cita-cita besar kita dan fasilitas pendukungnya alhamdulillah sudah siap,” cetus Mahmud.

Mahmud menandaskan komitmennya untuk fokus pada agenda moderasi Islam yang dibangun dengan berbagai wacana, diskusi, dan mempersiapkan sarjana ulama zaman now.

“Hulu ke hilir akan kita bangun semaksimal mungkin. Di hulu ada wacana yang kuat dan kokoh, wacana moderasi Islam. Di hilir kita akan lahirkan ulama zaman now dengan rumah moderasi Islam tersebut,” pungkasnya. (dede suherlan)***