Ada Sharing Ide Ushuluddin-Saintek UIN Bandung, Begini Ulasannya

Share

BANDUNG, DIDIKPOS.COM,- Fakultas Sain dan Teknologi (Saintek) bersama Fakultas Ushuluddin UIN SGD Bandung menyelenggarakan Sharing Ide “Tantangan Pengembangan Pengetahuan di Pendidikan Tinggi, dari Hulu ke Hilir”, di Aula Lantai 1 Fakultas Saintek UIN SGD Bandung, Kamis (27/2/2020).

Hadir di acara ini Wakil Rektor I Bidang Akademik, Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag.; Dekan Fakultas Saintek, Dr. Hasniah Aliah, M.Si.; dan Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalakasana, M.Ag..

Wakil Rektor I Bidang Akademik., Prof. Rosihon Anwar menyampaikan apresiasi kepada para akademisi Fakultas Saintek yang telah banyak memberikan kontribusi untuk UIN SGD Bandung, khususnya di bidang publikasi ilmiah skala internasional.

“UIN SGD Bandung memiliki paradigma Wahyu Memandu Ilmu yang dikenal dengan WMI. Paradigma WMI harus diimplementasikan melalui penelitian integrasi keilmuan antara ilmu keagamaan dengan sains dan teknologi. Integrasi ini bisa dilakukan melalui sharing antar-fakultas di internal UIN SGD Bandung,” kata Rosihon.

Dekan Fakultas Saintek, Hasniah Aliah, mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan upaya peningkatan bidang akademik. Berbagai hal telah ditempuh meliputi peningkatan produktivitas dosen, penguatan pelayanan untuk mahasiswa, dan kerjasama dengan beberapa pihak.

“Kami memandang sharing ide sangat dibutuhkan dalam rangka mengimplementasikan paradigma WMI. Dalam waktu dekat kita upayakan kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah dengan bidang ilmu keagamaan,” paparnya.

Sementara Dekan Fakultas Ushuluddin,Wahyudin Darmalakasana, menuturakn, Ushuluddin merupakan ilmu hulu dan Saintek ilmu hilir. Diharapkan ilmu pengetahuan berparadigma WMI mengalir dari hulu ke hilir.

“Kita upayakan sasaran integrasi ilmu melalui kelas khusus yang mempertemukan dosen Saintek dan dosen Ushuluddin. Di kelas ini kita coba pertemukan akademisi Ilmu Teks Suci dengan akademisi Informatika untuk kolaborasi penelitian dan publikasi ilmiah,” tururnya.

Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 90 dosen. Acara “Sharing Ide” berlangsung dalam kegiatan “Rapat Koordinasi Pengampu Mata Kuliah Semester Genap Tahun 2020” Fakultas Saintek UIN SGD Bandung.(des)***