Kadisdik Jabar Keluarkan Surat Edaran Pencegahan Penyebaran Virus Corona

Share

BANDUNG, DIDIKPOS.COM,- Menyusul ditetapkannya siaga satu virus corona di Jawa Barat oleh Gubernur Ridwan Kamil, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Jabar, Dewi Sartika, menerbitkan surat edaran Pencegahan Penyebaran Virus Corona pada Lingkungan Satuan Pendidikan (sekolah).

Dalam surat edaran itu disebutkan beberapa cara sederhana dalam menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas).

Rincian dari Germas itu yakni, mengonsumsi makanan gizi seimbang, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup, mencuci tangan menggunakan sabun, dan menggunakan masker atau menutup mulut bila batuk.

Lalu, minum air mineral 8 gelas per hari, makan makanan yang dimasak sempurna serta segera ke fasilitas kesehatan terdekat bila merasa demam dan sesak napas.

“Disdik Jabar mengimbau sekolah, mulai dari kepala sekolah, guru, tenaga pendidik hingga peserta didik agar tidak takut dan panik. Tidak perlu panik dan takut, namun tetap harus siaga. Salah satunya, dengan konsisten melaksanakan Germas bersama-sama”, ujar Dewi, Selasa (3/3/2020).

Dewi mendorong guru dan tenaga pendidik di sekolah untuk mengajak peserta didik melaksanakan Germas. itu bisa dilakukan setiap upacara bendera atau sebelum kegiatan belajar mengajar di kelas.

Selain itu, lanjut Dewi, sekolah harus mengoptimalkan peran unit kesehatan sekolah (UKS) guna mengedukasi seluruh guru, tenaga pendidik, dan peserta didik dalam upaya pencegahan virus corona.

“Upaya tersebut bisa dimaksimalkan dengan berkolaborasi dengan lembaga kesehatan di daerah,” ungkapnya.(dadan burhan)***