Ribuan Warga Rancah Ciamis Ikuti Jalan Sehat, Kedai Kopi Ki Oyo Disambangi Bupati

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengibarkan bendera start jalan sehat, di Lapang Rancah, Minggu (8/3/2020), (Foto: Dede Suherlan/Didikpos.com).

Share

CIAMIS, DIDIKPOS.COM,- Ribuan warga Kecamatan Rancah, Kabupaten Ciamis mengikuti jalan sehat, di Lapang Rancah, Minggu (8/3/2020).

Antusiasnya warga terbayar karena acara ini menyediakan beragam doorprize, di antaranya sepeda motor, kulkas, televisi, sepeda, dan hadiah hiburan lainnya.

Dalam acara yang diselenggarakan Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis itu juga dijadikan moment peluncuran program Informasi Pelayanan Keuangan Daerah (IPKD) dan Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) secara online.

Selain Bupati Ciamis, Herdiat SUnarya, juga hadir Wakil Bupati (Wabup), Yana D Putra dan Ketua DPRD Ciamis, H. Nanang Permana.

Pada moment spesial itu, Bupati dan Wabup Ciamis serta Ketua DPRD Ciamis sempat menyambangi stand Kedai Kopi Ki Oyo, kopi khas Rancah, yang sudah go international.

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, mengajak masyarakat agar menjaga kesehatan, salah satunya melalui olahraga.

“Jalan sehat ini merupakan salah satu olahraga, sehingga bermanfaat untuk tubuh kita semua. Saat ini dunia dilanda wabah corona, kalau tubuh kita sehat, daya tahan tubuh kuat, maka tidak akan terserang,” ujarnya.

Terkait IPKD, Herdiat menjelaskan, dengan IPKD ini dapat mempermudah wajib pajak warga Ciamis untuk membayar PBB secara elektronik.

“Ini gunanya untuk mempercepat dan mempermudah pembayaran pajak. Sekaligus menghindari penyalahgunaan atau korupsi pajak,” tegasnya.

Selain launching IPKD dan PBB, Pemkab Ciamis membantu menyosialisasikan program Tripel Untung sebagai program Pemprov Jabar tahun 2020. Program itu berbentuk penghapusan denda tunggakan PKB, bea balik nama (BBN), dan penghapusan tarif progresif pokok tunggakan berlaku mulai 2 Maret sampai 30 April 2020.

Sementara itu, pemilik Kedai Kopi Ki Oyo yang berlokasi di Desa Cileungsir, Kecamatan Rancah, Yudi Rosdiana, menyambut baik digelarnya acara jalan sehat ini.

“Ini menjadi moment hiburan gratis bagi warga Rancah. Sekali-kali kita harus refreshing. Dan, yang membuat saya terharu, Pa Bupati dan Pa Wabup mau menyempatkan diri singgah di stand Kedai Kopi Ki Oyo. Itu menambah semangat kami, untuk terus mempromosikan kopi khas Rancah ini,” terangnya.

Peserta jalan sehat, pasangan suami istri Hendih Esa Budiarsa (47) dan Euis Widiastuti (40), berterima kasih kepada Pemkab Ciamis yang telah menyelenggarakan perhelatan meriah itu.

“Selain bersantai ria mengikuti jalan sehat, kami pun bisa bersilaturahmi dengan warga Kecamatan Rancah lainnya. Lebih asyiknya lagi, acara ini menyediakan beragam doorprize,” terangnya. (des)***