Mahasiswa UIN Bandung Raih Juara I Infografis Festival IQTAF Nasional 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Cut Shabrina Dzati Amani, mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Quran dan Tafsir (IAT) Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati (FU SGD) Bandung meraih juara I infografis pada Festival IQTAF Nasional 2020.

Acara bertajuk “Mahasiswa Menulis Tafsir, Gali Potensi dan Daya Pikir Kritis” yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Ilmu Al-Quran dan Tafsir (HIMA IQTAF), Institut PTIQ Jakarta pada 2-18 Mei 2020.

Perempuan kelahiran Bandung, 28 Februari 2001 ini menyebutkan, cabang perlombaan pada Festival IQTAF Nasional 2020 terdiri dari dua kategori. Untuk lomba nasional antar-mahasiswa seluruh Indonesia terdapat lomba menulis Artikel Ilmiah Tafsir dan lomba membuat Infografis Tafsir.

Sedangkan untuk lomba internal antar-mahasiswa PTIQ terdapat lomba karya tulis non-Ilmiah.

“Alhamdulillah berkat dukungan, dorongan, arahan dan bimbingan dari semua pihak, dengan izin dan kuasa Allah saya dapat meraih juara 1 untuk kategori infografis dengan tema agama dan isu-isu kesehatan,” kata Shabrina, Selasa (19/5/2020).

Mahasiswa semester 2 IAT itu menuturkan, prestasi itu merupakan perdananya di dunia perkuliahan.

“Alhamdulillah prestasi sebelumnya di SMA, pernah meraih Juara 3 lomba foto Sawala Ecovillage 2017 dari Dinas Lingkungan Hidup Jawa Barat, Juara 2 Videografi Fisika UPI, dan juara 1 Videografi dalam acara CROWN Unpad,” ujarnya.

Dengan meraih juara I infografis ini, Shabrina berharap menjadi awal berkecimpung di perlombaan bidang kealquranan dan tafsir atau pun bidang lainnya di dunia perkuliahan.

“Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi, Aamiin,” paparnya.

Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag sangat mengapresiasi segala prestasi mahasiswa di lingkungan UIN SGD Bandung.

“Kami bangga atas berbagai prestasi yang diraih mahasiswa. Kami mendorong agar mahasiswa termotivasi mencapai berbagai prestasi, baik internal maupun eksternal.
Prestasi internal meliputi rangking, produk capaian perkuliahan, dan lulus tepat waktu. Prestasi eksternal mencakup aktivitas, kreatifitas, inovasi, dan pengembangan yang menopang penguatan akademik,” terangnya.

“Menjadi juara merupakan kebanggaan untuk semua. Kebanggaan mahasiswa yang bersangkutan, orang tua, himpunan mahasiswa, jurusan, fakultas, dan universitas. Kami ucapkan selamat serta memberikan penghargaan kepada Cut Shabrina Dzati Amani atas prestasi yang telah diraih sebagai Juara I Infografis dalam Perlombaan Festival IQTAF Nasional 2020,” tambah Wahyudin.

Wakil Rektor III UIN SGD, Prof. Dr. H. Ah. Fathonih, M.Ag mengucapkan selamat atas prestasi yang diraih Shabrina.

“Tentunya saya atas nama Wakil Rektor III ikut bangga, atas raihan prestasi prestisius di tengah aktivitas kemahasiswaan hari ini sedang menurun karena wabah Covid-19 yang mengharuskan mahasiswa berada di rumah,” kata Fathonih. (des)***