UPZIS UIN SGD Bandung Berikan 250 Santunan Idul Fitri 1441 H

Share

DIDIKPOS.COM – Ketua Unit Pengumpul Zakat Infaq dan Shadaqoh (UPZIS) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung, Prof. Dr. H. Muhtar Solihin, M.Ag, didampingi Dra. Hj. Dina Mulyati, M.Pd memberikan 250 paket santunan (bingkisan) Hari Raya Idul Fitri 1441 H kepada para mustahik (security dan cleaning servis), di gedung Abdjan Soelaeman, Kamis (14/5/2020). Kegiatan berlangsung di Kampus I UIN SGD, Jalan AH Nasution 105, Bandung.

Ketua UPZIS UIN SGD Bandung, Muhtar Solihin, menjelaskan zakat merupakan kewajiban yang prinsipil, karena posisinya berkelindan dengan shalat. Tidak sempurna shalat seseorang kalau tanpa mengeluarkan zakat.

“Sebesar apapun atau seharum apapun suatu lembaga keislaman, jangan dulu merasa bangga dan merasa aman dari musibah wabah atau bencana apapun bentuknya, kalau di dalamnya tidak ada orang yang berzakat atau tidak ada yang memperhatikan hak-hak mustahik yang harus disantuni. Untuk itu, di masa pandemi Covid-19 ini, kembali kepada kesadaran berzakat di lingkungan kita, secara spiritual sesungguhnya dapat mencegah bencana atau musibah di lingkungan lembaga kita,” ujar Muhtar.

Menurutnya, santunan yang diberikan kepada mustahik ini bukan berarti merendahkan status para mustahik, tetapi harus dipandang sebagai kepedulian para muzakki kepada warga kampus yang membutuhkan.

“Santunan ini sudah ditradisikan setiap menjelang hari raya Idul Fitri dan Idul Adha.
Jangan dilihat besar kecilnya, tetapi harus dilihat dari keikhlasan para muzakki untuk berbagi terhadap sesama,” terangnya. 

Lanjut Muhtar, ke depan UPZIS akan terus dikembangkan lebih baik dan lebih besar lagi cakupan dan program-program kerjanya. Sehingga, peranan UPZIS benar-benar dirasakan keberadaannya.

“Jujur harus diakui bahwa kondisi UPZIS hari ini memang harus ditingkatkan karena rasio pertambahan jumlah mustahik tidak seimbang dengan pertambahan jumlah muzakki,” paparnya. 

“Untuk menggenjot peranan UPZIS dalam menyeimbangkan pertambahan jumlah mustahik dan muzakki, kemungkinan akan dibuka program hadiah umroh kepada mustahik yang berprestasi dalam kerjanya, dan juga kepada muzakki yang terpilih dengan mekanisme tertentu yang akan diatur kemudian,” tambah Muhtar.

Ana Kusnadi, salah satu penerima paket santunan mengucapkan terima kasih kepada pengurus UPZIS UIN SGD Bandung, para muzakki.

“Saya atas nama pribadi dan perwakilan satpam serta OB menghaturkan beribu terima kasih. Mudah-mudahan amal kebaikan Bapak-bapak, Ibu-ibu dilipatgandakan oleh Allah SWT dan diberi kemudahan dalam setiap mencari rezeki yang halal,” ujarnya. (des)***