Mau Tahu Contoh Soal TPS UTBK-SBMPTN 2020? Nih Link-nya

Share

DIDIKPOS.COM – Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 resmi dibuka hari ini, Selasa 2 Juni 2020, pukul 13.00 WIB.

Sehubungan dengan adanya Pandemi Covid-19, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyatakan bahwa tes UTBK 2020 yang akan berlangsung pada 5- 12 Juli 2020 mendatang, hanya berupa Tes Potensi Skolastik (TPS).

Merangkum laman LTMPT, TPS bertujuan untuk mengukur kemampuan kognitif, yaitu kemampuan penalaran dan pemahaman umum yang penting untuk keberhasilan di sekolah formal, khususnya pendidikan tinggi.

Kemampuan ini meliputi kemampuan penalaran umum, pengetahuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis.

Kemampuan Kuantitatif, mencakup pengetahuan dan penguasaan Metematika Dasar. Pada TPS, sebagian soal disajikan dalam Bahasa Inggris.

Selain itu, tidak ada perbedaan soal antara IPA dan IPS. Materi ujian TPS terbagi dalam 4 sub tes yang digunakan untuk pembobotan pemilihan PTN.

LTMPT juga memberikan sejumlah contoh soal TPS yang akan diujikan dalam UTBK- SBMPTN 2020.

“Contoh soal TPS UTBK sudah bisa di-download di web Resmi LTMPT. Selamat belajar,” tulis akun Titter LTMPT Official, Selasa (2/6/2020).

Berikut link unduhan contoh soal TPS UTBK-SBMPTN 2020 yang diberikan oleh LTMPT:

https://ltmpt.ac.id/file.php?id=1591063827_Contoh_Tes_TPS_WT.pdf ***

Sumber: LTMPT