ABPPTSI Jabar Desak PT Telkom Beri Layanan Internet Gratis untuk Mahasiswa dan Dosen

oleh -179 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Jabar mendesak PT Telkom agar memberikan layanan internet gratis kepada mahasiswa dan dosen. Adanya layanan gratis internet ini bertujuan agar perkuliahan tetap berlangsung.

“ABPPTSI Jabar sudah mengirimkan surat permohonan internet gratis kepada PT Telkom. Tembusan surat juga kami sampaikan kepada Menteri BUMN, Mendikbud, Gubernur Jawa Barat, Kepala LL-Dikti (Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi) Jabar dan Banten, dan Ketua ABPPTSI Pusat,” kata Ketua ABPPTSI Jabar, Sali Iskandar, Selasa (7/7/2020).

Sali mengungkapkan, perkuliahan dalam masa pandemi covid-19 ini sangat memerlukan layanan internet. Di sisi lain, untuk menggunakan internet butuh biaya besar sebab internet di Indonesia terbilang mahal.

“Kondisi itu mengakibatkan kampus harus menambah anggaran tambahan bagi setiap pembelajaran daring oleh para dosennya. Adapun mahasiswa harus mengeluarkan biaya berlipat untuk membeli kuota internet,” ujarnya.

Dikatakannya, sudah sewajarnya BUMN seperti PT Telkom dan anak perusahaannya PT Telkomsel menyisihkan sebagian pendapatan untuk membantu dunia pendidikan.

“Bentuknya bisa CSR (tanggung jawab sosial perusahaan) maupun lainnya. Bantuan untuk kegiatan pembelajaran sesuai dengan UUD 1945 yakni kewajiban negara mencerdaskan kehidupan bangsa,” katanya.

Sali menambahkan, meskipun layanan internet di seluruh Indonesia belum merata, namun dengan adanya bantuan internet gratis itu minimal dosen dan mahasiswa tidak menambah anggaran baru untuk internet.

“Apalagi kondisi ekonomi dosen dan orang tua mahasiswa juga berat sebab ikut terdampak pandemi. Ada yang terkena PHK atau dirunahkan dan bisnisnya juga harus tutup,” pungkasnya. (des)***

Sumber: Pikiran-Rakyat.com

No More Posts Available.

No more pages to load.