News  

Antisipasi Kebakaran Hutan, Polisi pun Lakukan Ini

Share

DIDIKPOS.COM – Antisipasi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Wilayah Kabupaten Majalengka, Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Majalengka, melakukan pelatihan teknis dan simulasi, Selasa (7/7/2020).

Pelatihan Teknis dan Simulasi Penanggulangan Karhutla yang digelar di lapangan bola Komplek Puspa Indah, Cigasong ini, dihadiri Kapolres Majalengka, Kepala BPBD Agus Purnama beserta anggota, Kasat Pol PP, Kepala TNGC, Tim Damkar, dan Seluruh Anggota Bhabinkamtibmas Polsek Jajaran Polres Majalengka.

Mereka melaksanakan simulasi memberikan arahan dan teknis tentang penanganan karhutla, sekaligus Pelatihan Simulasi Penanggulangan Karhutla.

Kapolres Majalengka, AKBP Bismo Teguh Prkoso memaparkan petunjuk teknis tentang penanggulangan kebakaran lahan dan menyosialisasikan cara penggunaan Aplikasi Pencegahan Karhutla Berbasis IT (E.PMR). Serta mendata relawan yang akan bergabung dalam aplikasi tersebut.

“Simulasi Penanggulangan Karhutla ini diikuti oleh seluruh Bhabinkamtibmas yang akan bertugas sebagai tim pemadam. Sehingga, jika terjadi kebakaran lahan dan hutan, kami sudah punya bekal,” ungkapnya.

Kepala Dinas BPDB Majalengka, Agus Permana, mengatakan dalam pelatihan tersebut, pihaknya memberikan apresiasi terhadap 6 Bhabinkamtibmas. Mereka terdepan dalam penanganan Karhutla yang dianggap rawan karhutla.

“Bhabinkamtibmas yang 6 itu yakni wilayah Kecamatan Sukahaji, Rajagaluh dan Kecamatan Sindangwangi Kabupaten Majalengka. Diharapkan, ilmu dari pelatihan ini ‎terus disalurkan kepada yang lainya,” ungkapnya. (rik)***