Busyet dah …, China Klaim Batik Berasal dari Negaranya

oleh -218 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Setelah mengklaim hampir 80 persen Laut China Selatan sebagai bagian dari China, kini Negeri Tirai Bambu itu, terang-terangan berani mengklaim batik sebagai milik mereka.

Dikutip dari unggahan akun Twitter media Tiongkok China Xinhua News yang memposting sebuah video pada 12 Juli 2020. Dalam postingan itu, kesan yang mengklaim batik sebagai karya orang Tiongkok sangat kentara.

Batik is a traditional craft common among ethnic groups in China. Using melting wax and a spatula-like tool, people dye the cloth and heat it to get rid of the wax. Check out how the ancient craft evolves in modern times. #AmazingChina

(Batik adalah kerajinan tradisional yang umum di kalangan kelompok etnis di Cina. Menggunakan lilin leleh dan alat seperti spatula, orang mewarnai kain dan memanaskannya untuk menghilangkan lilin. Lihatlah bagaimana kerajinan kuno berkembang di zaman modern. #AmazingChina),” tulis akun @XHNews.

Dalam video berdurasi 49 detik itu nampak seorang pengrajin yang menggambar motif batik di sebuah kain. Beragam motif digambar seperti hewan dan tumbuh-tumbuhan, serta ukiran-ukiran khas batik.

Cara menggambar batiknya juga memakai canting, meski bentuk alatnya sedikit berbeda.

“(Batik) ini biasanya dipakai kelompok etnis minoritas yang tinggal di Guizhou dan Yunan,” lanjut teks di video Xinhua.

Selain di kain, terlihat pula seorang wanita yang menggambar motif batik di sebuah bucket hat. Motif batik ini bergambar bunga.

Kemudian ditunjukkan juga proses pembuatan batik celup yang menghasilkan motif bergambar burung.

Tak ayal unggahan tersebut memancing komentar dari netizen Indonesia.

Seorang warganet dengan akun @srinidhi24 menjelaskan bahwa batik berasal dari Pulau Jawa di Indonesia lalu produknya menyebar seantero Asia sampai India dan China. Ia juga mengimbau, “Jangan mengaku ini asli China. Ini dari zaman dahulu yang DITIRU China.”

“Diam!!!,” tulis akun @gilangprakosa sembari mengunggah laman google yang berisikan tentang batik.

“Di Tweet nya ga ada kata “Originated From China” cuma traditional Craft Common. Jadi menurut gw ini yg nulis berita ga tau apa apa tentang batik dan sejarahnya, asal jeplak aja ngejar tayang.” timpal akun @peoplejustice1.

“Batik itu asli Indonesia,” ujar akun @Noeroel_Hoed4.

Batik adalah kain bergambar yang pembuatannya secara khusus dengan menuliskan atau menerakan malam pada kain itu, kemudian pengolahannya diproses dengan cara tertentu yang memiliki kekhasan. (gib)***

Sumber: Zonajakarta.com

No More Posts Available.

No more pages to load.