News  

Hari Ini Ada Fenomena Aphelion; Suhu Dingin Terjadi di Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara

Share

DIDIKPOS.COM – Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) mengungkap hari ini, Sabtu, 4 Juli 2020, pukul 18.34 WIB, akan terjadi fenomena aphelion yang akan memberikan dampak yang bisa dirasakan di wilayah Jawa, Bali, dan Nusa Tenggara. Fenomena ini mengakibatkan suhu yang sangat dingin.

Aphelion merupakan fenomena di mana posisi bumi berada pada titik terjauh dengan matahari dengan jarak 152.095.295 km. Diameter matahari akan terlihat sedikit lebih kecil dibandingkan rata-ratanya yakni sekitar 15,73 menit busur atau berkurang 1,68 persen.

Terjadinya fenomena ini disebabkan orbit bumi tidak sepenuhnya lingkaran sempurna, melainkan berbentuk elips dengan kelonjongan sekitar 1/60.

“Mengingat posisi matahari saat ini berada di belahan utara. Dampaknya adalah efek penurunan suhu, khususnya di Pulau Jawa, Bali dan Nusa Tenggara yang terletak di selatan khatulistiwa, yang saat ini sedang terjadi,” tulis Lapan di akun Instagramnya, Jumat (3/7/2020).

“Secara umum, tidak ada dampak yang signifikan pada Bumi. Suhu dingin ketika pagi hari yang terjadi belakangan ini dan nanti sampai dengan Agustus merupakan hal yang biasa terjadi pada musim kemarau,” tambah Lapan.

Lapan menyebutkan, setiap tahunnya bumi juga berada pada jarak terdekat dengan Matahari yang kemudian disebut perihelion. Fenomena ini sudah terjadi pada Januari 2020. (gib)***