IKA UIN SGD Bandung Gelar Silaturahmi Webinar

Share

DIDIKPOS.COM – Ikatan Keluarga Alumni (IKA) UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung menggelar Silaturahmi Webinar bertajuk “Manghubungkan Jejaring, Menuju Alumni yang Berdaya”, Kamis (16/7/2020). Perhelatan itu diselenggarakan melalui telekonferensi aplikasi zoom dan disiarkan secara langsung pada kanal Youtube Humas UIN SGD Bandung.

Ketua IKA UIN SGD, Dr. Hj. Reni Marlinawati, mengatakan, civitas akademika UIN SGGD harus tampil terdepan dalam menyuarakan pentingnya pendidikan bagi masa depan anak-anak Indonesia.

“Banyak lulusan UIN yang jadi tokoh, panutan di masyarakat, mari kita kawal pendidikan dan menjadi garda terdepan pendidikan. Di era Covid-19 ini jangan sampai melemahkan pendidikan anak, khususnya Islam. Untuk itu, perlu kesadaran kolektif bersama dalam mencerdaskan anak bangsa,” tuturnya, saat menyampaikan sambutan silaturami.

Menurut Reni, silaturahmi ini menjadi momentum berharga.

“Kita jadikan untuk saling mencintai, membanggakan almamater. Pembentukan IKA daerah sebagai jejaring yang giat untuk berusaha membangun kecintaan terhadap kampus,” ujarnya.

Rektor UIN SGD, Prof. Dr. H. Mahmud, menuturkan, terselenggaranya silaturahmi webinar ini merupakan salah satu ikhtiar bersama dalam rangka mengangkat harkat martabat kampus tercinta.

“Saya berharap dari segi internal, kita memiliki komitmen yang tinggi terhadap almamater, boleh kita bersaing dalam hal kebaikan untuk membagun kebersamaan di lingkungan IKA. Sedangkan secara eksternal dengan segala potensi yang dimiliki masing-masing untuk berusaha saling melengkapi, membangun kerja sama. Menciptakan suasana yang kondusif dalam memberikan kontribusi positif terhadap negeri tercinta,” jelasnya.

Menurutnya, dalam menghadapi adaptasi kebiasaan baru, tentu harus menggunakan dua pendekatan. Pertama, secara lahir (medis) mengikuti aturan-aturan protokol Covid-19, yakni jaga jarak, bermasker, cuci tangan, di rumah aja. Dan kedua, pendekatan batin (agama) seperti berdoa setiap pagi dan sore, dawam wudhu dan juga jangan mendatangi tempat yang sudah terkena wabah, banyak beristighfar.

“Dalam situasi seperti ini tingkatkan iman dan taqwa kita kepada yang Maha Kuasa. Yakinlah jika dua pendekatan ini kita lakukan kuasa Allah akan kita rasakan. Lulusan UIN harus ikut berkontribusi dan mengkampanyekan dua pendekatan lahir dan batin dalam menyikapi wabah Corona ini,” tandasnya.

Silaturahmi online dihadiri Akademisi, Prof. Dr. Hj. Aan Hasanah; Bupati Cirebon, Drs. H. Imron Rosyadi M.Ag; Dai Nasional, KH. Dr. Jujun Junaedi; Wakil Direktur Pps UI, H. Abdul Mutaali, Ph. D.; Anggota DPR RI, Hj. Ela Siti Nuryamah, S. Sos. I; dan Anggota DPRD Jabar Edi Rusyandi S. Pd.

Selain itu juga hadir Komisi Pemilihan Umum Provinsi Jawa Barat, Rifki Ali Mubarok, S. Ag, M. Si.; Pengamat Politik, Dr. Ujang Komarudin; Republika, H. Heri Ruslan, S.Sos; Komisi Informasi Provinsi Jawa Barat, H. Husni Farhani Mubarok, M. Si.; Jabar Digital Service, Rian Andrian, ST, MT; Beasiswa di Polandia, Nazila Syiam, S. Sos. I; dan Beasiswa di Azerbaijan, Annisa Dina Amalia, S. Psi.

Selama silaturahmi webinar, acara dipandu oleh Dr. Dindin Jamaluddin, M. Ag. Silaturahmi juga diisi penampilan stand up komedi, Big Dado Firmansyah, S. Sos. I dan music performance, Dr. Rismawati Ramdani. (des)***