Pengumuman PPDB Jabar Tahap 2 Rabu Ini Pukul 14.00 WIB, Begini Cara Mengeceknya

Share

DIDIKPOS.COM – Pengumuman penerimaan peserta didik baru (PPDB) Jawa Barat 2020 Tahap 2 disampaikan pada Rabu (8/7/2020) ini, pukul 14.00 WIB, melalui situs web ppdb.disdik.jabarprov.go.id atau di sekolah tujuan.

Bagi siswa yang diterima harap mengecek informasi daftar ulang di Info Sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Barat, Dedi Supandi, mengatakan, pengumuman PPDB ini murni berdasarkan sistem yang penetapannya dilakukan melalui musyawarah dewan guru di satuan pendidikan yang selaras dengan Petunjuk Teknis (Juknis) PPDB 2020.

“Calon peserta didik dan orang tua jangan cemas dan panik. Dengan jumlah pendaftar saat ini, tidak mungkin semuanya bisa tertampung. Tapi, kita sebisa mungkin memberikan sistem pelayanan terbaik,” kata Dedi.

Dikatakannya, pihaknya tetap membuka layanan pengaduan jika ada peserta didik atau orang tua yang keberatan atas hasil tersebut. Peserta didik pun bisa memanfaatkan layanan pengaduan yang ada di satuan pendidikan.

Pengaduan tersebut, lanjutnya, diberi waktu selama 2×24 jam, mengingat pada 13 Juli sudah diadakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Di tiap sekolah sudah disiapkan ruang informasi dan pengaduannya. Di Kantor Cabang Dinas pun ada dan tetap menerapkan protokol kesehatan. Jadi, kepada peserta didik dan orang tua, silakan manfaatkan,” terangnya.

Kepala Ombudsman RI Kantor Perwakilan Provinsi Jabar, Haneda Sri Lastoto mengatakan, dapat dipastikan tidak semua pendaftar bisa diterima. Namun, yang harus orang tua dan peserta didik pastikan adalah memastikan ketidaklulusan tersebut memang berdasarkan petunjuk teknis.

“Kalau ada yang janggal, silakan tanyakan ke sekolah melalui pengaduan,” sarannya.

Dijelaskan Haneda, pengaduan dari masyarakat ini sebisa mungkin harus diselesaikan di tingkat satuan pendidikan. Sehingga, penting bagi Disdik Jabar untuk menyiapkan ruang pengaduan di tingkat tersebut.

“Peserta didik dan orang tua siswa tidak bisa mengadukan permasalahan PPDB langsung ke Ombudsman jika belum melaporkan pengaduan ke Disdik Jabar secara langsung,” terangnya.

Cara Mengecek Pengumuman PPDB Jabar Tahap 2:

1) Masuk ke website ppdb.disdik.jabarprov.go.id.

2) Masukkan nomor pendaftaran.

3) Klik Cari

4) Akan muncul pengumuman diterima atau tidak

Jika diterima akan muncul pengumuman Hasil Seleksi Pendaftaran Tahap 2: Diterima di (SMA tujuan tempat diterima) dan (lewat jalur yang diambil). Pendaftar yang diterima dimohon untuk memeriksa informasi daftar ulang di halaman Info Sekolah. (des)***