Sang Legenda Robby Darwis: Tampil di Enam Laga Final Bersama Persib, Boyong Empat Gelar Juara

Legenda hidup Persib, Robby Darwis, (Foto: Tribunnews.com).

Share

DIDIKPOS.COM – Tak salah jika Robby Darwis dijuluki pemain legendaris Persib. Tercatat Robby membela Persib lebih dari 13 tahun. Dalam rentang itu, ia berhasil tampil pada enam final yang dilakoni Persib.

Dikutip dari laman resmi Persib, Robby mengawali finalnya bersama Persib pada ajang Divisi Utama Perserikatan 1983. Di partai final, Persib berhadapan dengan PSMS Medan di Stadion Utama Senayan, Jakarta. Sayangnya, saat itu Maung Bandung kalah melalui adu penalti 2-3.

Lalu, final kedua Robby dilakoni pada kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1985. Lagi-lagi Persib berhadapan dengan PSMS.

Pada partai final, Pangeran Biru kembali harus mengakui keunggulan tim berjuluk Ayam Kinantan melalui adu penalti setelah bermain imbang 2-2 pada waktu normal.

Gelar pertama Robby bersama Persib baru diraih pada final ketiganya saat Divisi Utama Perserikatan 1986.

Di partai final, Robby bersama Persib berhasil memenangkan pertandingan atas Perseman Manokwari dengan skor tipis 1-0.

Gelar prestisius Robby bersama Persib diraih kembali pada Divisi Utama Perserikatan tahun 1989/1990 dan 1993/1994 dengan mengalahkan Persebaya Surabaya dan PSM Makassar.

Tak berhenti di situ, kala Liga Indonesia pertama bergulir pada 1994/1995, Robby bersama Persib pun berhasil menyabet gelar juara. Dalam partai final, Persib membungkam Petrokimia Putra dengan skor 1-0. (des)***