Sertijab Kepsek, Kepala Cadisdikwil VII: Jangan Grasah-grusuh

Share

DIDIKPOS.COM – Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah (Cadisdikwil) VII, Endang Susilastuti, menegaskan, kepala sekolah (kepsek) merupakan sosok yang bisa memberikan perubahan di lingkungan sekolah. Namun, Endang mewanti-wanti kepsek agar tidak tergesa-gesa.

“Saat datang ke sekolah baru jangan grasah-grusuh. Tapi, duduk dulu, amati, dan analisis dulu kekuatan serta kelemahan yang ada di sekolah. Pelajari peluang dan hambatannya sehingga Bapak dan Ibu bisa merumuskan program strategis,” kata Endang saat “Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah SMA, SMK, dan SLB” di Aula SMKN 3 Bandung, Jln. Solontongan 10, Bandung, Kamis (16/7/2020), seperti dikutip laman Disdik Jabar.

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari pelantikan kepsek yang dipimpin Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Jumat (10/7/2020).

Endang meyakini, setiap kepsek memiliki gaya kepemimpinan berbeda. Ia pun mendorong para kepsek mengoptimalkan inovasi yang dimiliki.
“Masing-masing kepala sekolah punya inovasi dan kreativitas luar biasa. Jadikan itu peluang untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan yang ada di sekolah baru,” ujarnya.

Disebutkannya, salah satu tantangan yang akan dihadapi oleh kepsek adalah melangsungkan pembelajaran dengan efektif di masa pandemi.

“Kepsek harus bisa menciptakan pembelajaran yang tetap menyenangkan bagi siswa meski melalui moda belajar daring (dalam jaringan),” pungkas Endang. (des)***