News  

Bupati Ciamis: Ayo Apdesi Kawal Pilkades Serentak, Panitia Wajib Terapkan Protokol Kesehatan

Share

DIDIKPOS.COM – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya meminta organisasi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Ciamis mengawal pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa Serentak (Pilkades) Serentak yang akan digelar di 143 desa pada 15 Agustus 2020.

“Saya minta Apdesi Kabupaten Ciamis bisa mengawal Pilkades serentak agar berjalan aman dan kondusif,” ujar Herdiat saat membuka kegiatan Musyawarah Cabang (MUSCAB) II Apdesi Ciamis 2020, di Hotel Tyara Plaza Ciamis, Selasa (28/7/2020), dikutip Harapanrakyat.com.

Herdiat mengungkapkan, dalam pelaksanaan Pilkades Serentak nanti, panitia wajib menerapkan protokol kesehatan Covid-19 di setiap TPS.

“Pandemi Covid-19 ini masih berlangsung, jadi jangan dianggap enteng, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan,” katanya.

Ia mengimbau kepada petugas pelaksanaan Pilkades agar menyiapkan alat pengecekkan suhu tubuh, hand sanitizer atau pencucian tangan, dan harus jaga jarak aman.

Herdiat juga meminta Kades di lingkungannya untuk melakukan pendataan Bagi warga yang mudik pulang kampung dari kota besar.

“Paling tidak pemudik itu harus isolasi mandiri dulu dan diperiksa untuk memastikan kesehatannya” jelasnya.

Ditambahkannya, Apdesi merupakan organisasi profesi tempat berhimpunnya para kades dan perangkat. Sehingga harus ada memiliki anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART).

“Organisasi itu dibentuk punya tujuan yang disetujui bersama yang tertuang dalam AD/ART. Dengan begitu, roda organisasi bisa berjalan demi kesejahteraan anggota dan masyarakat,” ungkap Herdiat.

Sementara Ketua Panitia Muscab II Apdesi Kabupaten Ciamis, M Abdul Haris mengatakan, Muscab ini merupakan momentum untuk mengemukakan ide gagasan seluruh anggota Apdesi.

Peserta Muscab terdiri dari 2 orang perwakilan Pengurus Dewan Pimpinan Kecamatan (DPK), perwakilan pengurus Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Kabupaten, dan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Provinsi.

“Dalam Muscab ini, nantinya akan dijadikan pedoman untuk menjalankan roda organisasi Apdesi lima tahun kedepan,” katanya. (des)***