Direktur Pascasarjana UIN Bandung Prof. Muhammad Ali Ramdhani Dilantik sebagai Dirjen Pendidikan Islam

Share

DIDIKPOS.COM – Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi melantik Prof. Dr. Muhammad Ali Ramdhani, S.TP, M.T sebagai Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Islam (Pendis), di Auditorium HM Rasjidi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag), Jalan MH Thamrin, Jakarta, Senin (10/08/2020).

Hadir sebagai saksi pelantikan, Wakil Menag, Zainut Tauhid Sa’adi dan Plt Sekretaris Jenderal Kemenag Nizar. Pelantikan juga dihadiri Staf Khusus dan Staf Ahli Menteri Agama dan Pejabat Eselon I lainnya.

Selain melantik Prof. Muhammad Ali sebagai Dirjen Pendis, Menag juga melantik pejabat eselon I lainnya di lingkungan Kemenag, yaitu Dr. Deni Suardini, SE, AKT, M.M, CFRA, CA, QIA sebagai Inspektur Jenderal; Yohanes Bayu Samodro, S.Pd, M.Pd sebagai Dirjen Bimbingan Masyarakat Katolik; Dr. Tri Handoko Seto, S.Si, M.Sc sebagai Dirjen Bimbingan Masyarakat Hindu; dan Prof. Dr. Achmad Gunaryo, MsocSc sebagai Kepala Balitbang Diklat.

Mereka adalah para pejabat yang terpilih melalui Seleksi Terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi (JPT) Madya yang prosesnya berlangsung sejak April 2020.

Menag berharap, pelantikan lima pejabat Eselon I ini menjadi amunisi baru bagi Kemenag dalam memberikan layanan terbaik bagi masyarakat.

“Sebuah tantangan yang luar biasa, hampir satu tahun kita mengalami kekosongan enam jabatan Eselon I, tetapi selama ini Kemenag tetap bisa berlari dengan kencang,” tegasnya.

“Hari ini, lima jabatan telah diisi. Kami berharap, dengan kehadiran Bapak-bapak, Kementerian Agama akan dapat berlari jauh lebih kencang. Sekali lagi, saya ucapkan selamat menunaikan tugas dengan baik,” imbuhnya.

Menag menegaskan, pejabat yang baru dilantik, tidak berhutang budi kepada siapa pun di Kemenag. Ia lalu menyitir pesan yang pernah disampaikan Baharuddin Lopa, ‘Banyak yang salah jalan, tapi merasa tenang karena banyak teman yang sama-sama salah. Beranilah menjadi benar meskipun sendirian.’

“Semakin banyak pejabat yang memiliki karakter yang baik, berani melakukan hal yang benar, akan semakin baik bagi organisasi. Buang jauh-jauh ego sektoral dan mental feodal dalam memberikan layanan bagi masyarakat,” sambungnya.

Sebelum menjabat Dirjen Pendis, Prof. Muhammad Ali Ramdhani pernah mengemban amanah sebagai Wakil Rektor III UIN Sunan Gunung Djati (SGD) Bandung (periode 2011-2015), Wakil Rektor IV UIN SGD Bandung(periode 2015-2019), dan Direktur Pascasarjana UIN SGD Bandung (periode 2019- sekarang).

Rektor UIN SGD Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si mengucapkan selamat dan sukses kepada Prof. Muhammad Ali Ramdhani yang dilantik sebagai Dirjen Pendis.

“Saya beserta seluruh civitas akademika UIN Sunan Gunung Djati Bandung mengucapkan selamat dan sukses kepada bapak Prof Muhammad Ali Ramdhani yang dilantik menjadi Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia. Semoga amanah yang diberikan-Nya dapat laksanakan dengan sebaik-baiknya, sehingga pendidikan Islam di Indonesia semakin membaik,” katanya.

“Dan juga saya ucapkan terima kasih kepada Prof Muhammad Ali Ramdhani atas pengabdiannya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang terakhir menjabat sebagai Direktur Pascasarjana UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Semoga Allah membalas atas kebaikannya. Terima kasih,” pungkas Rektor. (des)***