Kemenag Jabar akan Dirikan MAN Insan Cendekia di Subang, Kelebihan Model Madrasah Ini yaitu …

Share

DIDIKPOS.COM – Kanwil Kemenag Jawa Barat akan mendirikan Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia (MAN IC). Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang sendiri siap menghibahkan lahan seluas 10 hektar sebagai lokasi pendirian MAN IC Jawa Barat.

MAN IC ini merupakan madrasah yang berbasis asrama atau boarding school, dilengkapi lapangan olahraga dengan standar internasional, ruang kelas belajar, perpustakaan, dan gedung lainnya.

Pola pendidikan di MAN IC menyelaraskan antara pendidikan iman dan takwa serta ilmu pengetahuan dan teknologi yang kuat.

“Saya sebagai Bupati Subang bersedia menghibahkan tanah 10 hektare untuk pendirian MAN IC Jawa Barat. Lokasi yang saat ini masih berpotensi untuk dibangun adalah di Kecamatan Pasir Cabe Kabupaten Subang,” tutur Bupati Subang Ruhimat, saat menerima kunjungan Kepala Kantor Kanwil Kemenag Jabar, Adib, di Subang, Jumat (13/8/2020).

Bupati selanjutnya meminta Kanwil Kemenag Jabar meninjau lokasi bersama perwakilan Pemkab Subang. Jika sudah cocok, maka akan dibuatkan MoU, Akta Hibah, dan sertifikat atas nama Kanwil Kemenag Jabar.

“Syaratnya hanya satu, lahan tersebut harus langsung dibangun dan digunakan untuk MAN IC. Apabila dalam waktu 3 tahun tidak ada pembangunan maka lahan tersebut diambil kembali oleh Pemkab Subang,” tegas Ruhimat.

Ruhimat berharap dengan berdirinya MAN IC, maka Kabupaten Subang tidak hanya dikenal sebagai kawasan industri dan pelabuhan, tapi juga kota pendidikan. Apalagi, di wilayah yang sama juga akan didirikan cabang kampus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Dirasa pas lahan tersebut digunakan sebagai pusat pendidikan,” pungkasnya.

Selain silaturahim, kehadiran Kakanwil Kemenag Jabar di Kantor Bupati Subang sekaligus menyerahkan proposal pendirian MAN IC. Adib berjanji jika sudah mendapat sertifikat lahan atas nama Kemenag, dirinya akan langsung memroses pendirian MAN IC Jawa Barat melalui skema pembiayaan SBSN.

“Semoga tahun depan, MAN Insan Cendekia Jawa Barat sudah dapat didirikan dengan menggunakan anggaran SBSN,” harapnya.

Menurut Adib, pendirian MAN IC Jawa Barat bertujuan melahirkan generasi unggul yang cerdas secara intelektual dan spiritual.

Dipilihnya Kabupaten Subang sebagai lokasi, kata Adib, karena beberapa alasan. Pertama, wilayahnya sangat strategis, didukung dengan pembangunan akses jalan tol. Kedua, suasana dan udaranya sejuk. Dan ketiga, masih banyak lahan yang bisa dimanfaatkan.

“Saya yakin dengan pendirian MAN IC ini, sinergitas antara Pemkab Subang dengan Kementerian Agama akan semakin erat. Ke depannya kita dapat bersama-sama menciptakan generasi masa depan yang unggul dan mampu bersaing,” tandasnya. (haf)***