Beasiswa Unggulan Kemendikbud, Pendaftaran hingga 3 Oktober 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka pendaftaran seleksi Beasiswa Unggulan.

Beasiswa ini dialokasikan untuk mahasiswa jenjang sarjana, magister, doktoral, dan nongelar. Pendaftaran beasiswa dilakukan secara daring melalui laman https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/.

“Program Beasiswa Unggulan dibuka mulai 21 September hingga 3 Oktober. Beasiswa berupa penyediaan bantuan pendidikan dan pelatihan baik jalur gelar maupun nongelar,” ujar Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan Kemendikbud, Abdul Kahar, di Jakarta, Kamis (24/9/2020).

Ia menyebutkan, beasiswa ini terbagi dua yakni bagi Masyarakat Berprestasi dan Pegawai Kemendikbud.

Untuk Beasiswa Masyarakat Berpretasi diberikan kepada masyarakat yang berprestasi pada tingkat internasional dan berkontribusi kepada daya saing bangsa di segala bidang.

Persyaratannya yakni:

– diutamakan memiliki sertifikat yang membuktikan prestasi tingkat internasional atau nasional,

– mendapatkan rekomendasi dari institusi terkait,

– tidak sedang menerima beasiswa sejenis dari sumber lain,

– diterima pada perguruan tinggi terakreditasi,

– untuk program sarjana memiliki usia paling tinggi tahun,

– program magister memiliki usia 32 tahun,

– program doktoral berusia paling tinggi 40 tahun.

“Sementara, untuk pemberian beasiswa kepada PNS di lingkungan Kemendikbud dapat dilaksanakan secara individu yang diusulkan oleh unit utama atau bersifat kolektif berdasarkan kebutuhan Kemendikbud,” ujarnya.

“Beasiswa tersebut terdiri dari tiga komponen yakni biaya pendidikan, biaya hidup, dan biaya buku. Beasiswa diberikan baik kepada mahasiswa baru maupun mahasiswa on going. Informasi lebih lanjut dapat mengakses https://beasiswaunggulan.kemdikbud.go.id/,” pungkas Abdul. (haf)***