News  

Kolaborasi KNPI Jabar-BNN Jabar, Sepakat Cegah dan Berantas Narkoba

Share

DIDIKPOS.COM – DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Jawa Barat dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Jabar sepakat bekerja sama melakukan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan serta peredaran gelap narkotika narkotika dan prekursor narkotika.

Kesepakatan ini dituangkan dalam nota kesepahaman (memorandum of understanding) yang ditandatangani Ketua DPD KNPI Jabar, Rio Febrian Wilantara dan Kepala BNN Provinsi Jabar, Sufyan Syarif, di Gedung Pemuda Kartanegara KNPI Jawa Barat, Jalan Soekarno Hatta, Bandung, Senin (7/9/2020).

Penandatanganan kesepahaman yang dilakukan secara virtual tersebut mengatur kesepakatan kerja sama dan saling menunjang dalam melaksanakan tugas kedua belah pihak sesuai dengan fungsi dan kewenangan masing-masing. Lebih dari sekadar kesepahaman, komitmen bersama ini bakal diterjemahkan lebih lanjut melalui perjanjian kerja sama operasional.

“Tindak lanjut ini tentunya menjadi bagian tak terpisahkan dari kesepahaman hari ini. Pada tahap awal ini, kerja sama berlaku untuk tiga tahun. Tentu terbuka untuk diperpanjang kembali dengan persetujuan kedua belah pihak,” terang Ketua KNPI Jabar, Rio Febrian Wilantara, saat menyampaikan sambutan yang disampaikan secara virtual langsung dari kantor Wakil Presiden RI di Jakarta.

Selain penandatanganan nota kesepahaman, kolaborasi perdana pemuda Jabar dan lembaga negara yang membidangi pencegahan dan pemberantasan narkotika ini langsung dilanjutkan dengan talkshow bertajuk ‘Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Narkotika di Kalangan Pemuda Jawa Barat’.

Talkshow berlangsung dengan menerapkan protokol pencegahan Covid-19 di kantor KNPI Jabar dan diikuti pengurus KNPI kabupaten dan kota serta pimpinan organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) se-Jawa Barat.

Talkshow virtual menghadirkan Kepala BNN Provinsi Jabar Sufyan Syarif, Ketua KNPI Jabar Rio Febrian Wilantara, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Engkus Sutisna, dan Ketua Lembaga Maritim Nasional Indonesia Jay Singgih.

Sekretaris DPD KNPI Jabar, Asep Komarudin menjelaskan, kesepahaman ini menjadi landasan kerja sama bagi para pihak dalam melaksanakan pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika dan prekursor narkotika, secara terpadu, sinergi, dan berkesinambungan.

Melalui kerjasama ini diharapkan bisa terlaksana kerja sama yang menunjang tugas pokok dan fungsi para pihak serta mengoptimalkan potensi yang dimiliki masing-masing. Tentu dengan tetap berpedoman kepada peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kesepahaman ini meliputi 13 poin kesepakatan. Di antaranya, kerja sama dan penyebarluasan informasi tentang P4GN (Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika) secara umum. Kemudian, peningkatan peran serta pemuda sebagai pegiat antinarkoba,” papar Askom, sapaan Asep Komarudin di sela kegiatan penandatanganan kesepahaman.

Lanjut Askom, KNPI juga bisa melaksanakan tes atau uji narkoba di lingkungan KNPI Jawa Barat atas permintaan sendiri. Tidak kalah pentingnya adalah peningkatan kapasitas sumber daya manusia sesuai dengan kebutuhan kedua belah pihak.

“Kami juga menyepakati pertukaran data dan informasi terkait upaya P4GN dengan tetap memperhatikan kerahasiaan dan kepentingan negara. Juga terbuka untuk melakukan penelitian, pengembangan, dan pengkajian di Bidang Narkotika dan Prekursor Narkotika untuk kepentingan penelitian, ilmu pengetahuan, inovasi, teknologi dan pelayanan kesehatan,” tuturnya.

Kesepakatan lain meliputi pengembangan materi bahaya Penyalahgunaan Narkotika dan Prekursor Narkotika yang terintregasi ke dalam pengembangan Komunikasi, Informasi, dan Edukasi (KIE) pada setiap kegiatan organisasi dan kelembagaan. Pemanfaatan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh para pihak sesuai ketentuan perundang-undangan.

Berikutnya, penguatan tentang program P4GN kepada anggota KNPI Jabar, khususnya dan umumnya kepada simpatisan KNPI Jabar yang ada di wilayah Provinsi Jabar. Pelaksanaan program pelatihan, lokakarya, seminar, dan kegiatan ilmiah di bidang P4GN. Pembinaan/pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya P4GN.

“Kepakatan lain berupa pengembangan kelembagaan dan bidang-bidang lain yang dianggap perlu dan disepakati dalam rangka mendukung program P4GN. Kami juga sepamat membentuk penggiat atau relawan antinarkoba di kalangan generasi muda Jawa Barat maupun tingkat kabupaten dan kota,” pungkas Askom.

Hingga Kabupaten/Kota

Sementara itu, dalam sambutan virtual yang disampaikan dari ruang kerjanya, Kepala BNN Provinsi Jabar, Sufyan Syarif, mengaku sangat bangga kepada KNPI Jabar yang telah menginisiasi upaya P4GN di kalangan pemuda Jabar. Bagi jenderal polisi bintang satu ini, pemuda merupakan sosok yang punya semangat dan kepedulian. Termasuk dalam pencegahan dan pemberantasan narkoba.

“KNPI ini merupakan kader pemimpin bangsa. Saat ini, alumni KNPI banyak menjadi pimpinan di pusat maupun daerah. Ini menjadi kebanggaan bagi saya,” tandas Sufyan.

Sufyan menjelaskan, kerja sama ini bukan hanya BNN Provinsi Jabar dan KNPI Jabar. Namun, turut diturunkan hingga kabupaten dan kota di Jabar. Dalam hal ini, ditindaklanjuti oleh DPD KNPI Kabupaten/Kota dan BNN Kabupaten/Kota.

“Narkoba sangat berdampak pada kehidupan sosial. Narkotika bukan hanya masalah Jabar, tapi seluruh daerah. Tak ada satu pun kabupaten dan kota pun yang bersih dari narkoba. Dan, tak ada satu negara pun yang bersih dari narkoba. Narkoba adalah masalah kita bersama. Tanggung jawab kita semua,” ungkap Sufyan.

“KNPI merupakan kekuatan unggul nasional. KNPI merupakan bagian dari pembangunan nasional. Pembangunan nasional akan terganggu jika pemuda-pemudinya terjerat narkoba. Sehingga, bonus demografi seperti diidam-idamkan tidak akan dapat kita raih pemudanya terjerat narkoba,” tambah Sufyan.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Jawa Barat Engkus Sutisna yang hadir mewakili Gubernur Jawa Barat menuturkan, menyambut baik kolaborasi KNPI Jabar dan BNN Provinsi Jabar. Engkus berharap kolaborasi ini menjadi kontribusi bagi bangsa pembangunan Jawa Barar.

“Pemerintah Provinsi berharap pemuda Jabar terbebas dari penyalahgunaan narkoba. Kita bisa menyatakan tidak pada narkoba. Jangan karena Covid-19 ini kita jadi melupakan narkoba. Padahal sama-sama bahaya. Pencegahan narkoba harus muncul dari kita sendiri. Jangan termakan bujuk rayu. Narkoba tidak ada manfaat bagi kita, kecuali bagi medis dan pengobatan lainnya,” pungkas Engkus. (des)***