Perpustakaan SMKN 2 Indramayu Wakili Jabar di Lomba Perpustakaan Tingkat Nasional

Perpustakaan Damay SMKN 2 Indramayu mewakili Provinsi Jawa Barat dalam "Lomba Perpustakaan Jenjang SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020", (Foto: Disdik Jabar).

Share

DIDIKPOS.COM – Perpustakaan Damay SMKN 2 Indramayu mewakili Provinsi Jawa Barat dalam “Lomba Perpustakaan Jenjang SLTA/Madrasah Tingkat Nasional Tahun 2020”. Even itu digelar oleh Perpustakaan Nasional (Perpusnas) pekan lalu.

Wajar jika Perpustakaan Damay SMKN 2 Indramayu meraih prestasi prestisius ini. Beragam inovasi dilakukan pengelola, hingga perpustakaan ini memiliki keunggulan dibanding perpustakaan SLTA/Madrasah lainnya.

Kepala Perpustakaan Damay SMKN 2 Indramayu, Dewi Indrayanti, mengungkapkan, inovasi yang dilakukan perpustakaan ini antara lain, mengadakan perpustakaan keliling, memilih duta baca, menyediakan galeri alat praktik jurusan, dan memberikan layanan bagi difabel.

Inovasi lainnya yang membuat perpustakaan ini menonjol yaitu adanya smart box. Alat khusus yang diciptakan oleh siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak SMKN 2 Indramayu ini berupa alat untuk mensterilkan buku. Inovasi tersebut terinspirasi dari pandemi Covid-19.

“Smart box ini diciptakan untuk mempermudah membersihkan buku. Dalam alat ini ada perangkat khusus untuk menyematkan sinar ultraviolet. Pengoperasiannya pun cukup menggunakan gawai, tidak perlu kita sentuh,” tutur Dewi, di ruang kerjanya, Jalan Raya Pabean Udik No. 15, Kabupaten Indramayu, Selasa (29/9/2020).

Dewi berharap, Perpustakaan Damay SMKN 2 Indramayu mampu meningkatkan minat baca warga sekolah.

“Perpustakaan Damay bisa menjadi salah satu peran pendukung peningkatan minat baca. Besar harapan kami untuk bisa menginspirasi perpustakaan sekolah lainnya, baik di Jabar maupun di Indonesia,” harapnya.

Kepala SMKN 2 Indramayu, Iis Setiawati, mengatakan, pihaknya berkomitmen mengembangkan perpustakaan sekolah agar lebih maju.

“Layaknya sebuah perusahaan, kami memaksimalkan komponen seperti sumber daya manusia, pelayanan yang prima, dan terus berkolaborasi dengan pihak lain untuk mempromosikan perpustakaan ini,” terangnya.

“Peran perpustakaan hari ini bukan hanya sebagai pusat informasi dan belajar. Perpustakaan juga sebagai destinasi literasi bagi peserta didik,” pungkasnya. (des)***