1.327 Mahasiswa Jabar Terima Beasiswa JFLS, Pemprov Kucurkan Anggaran Rp 29 Miliar

Share

DIDIKPOS.COM – Sebanyak 1.327 mahasiswa dari 109 perguruan tinggi di Jawa Barat menerima beasiswa “Jabar Future Leaders Scholarship” (JFLS) tahun 2020. Para penerima beasiswa ini terdiri dari mahasiswa tingkat D3, D4, S1, S2, dan S3.

Adapun anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 29 miliar. Setiap mahasiswa penerima JFLS akan mendapatkan bantuan berupa biaya pendidikan serta pendampingan penanaman soft skill dalam memaksimalkan potensi diri sebagai upaya penanaman nilai leadership dan enterpreunership.

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, mengimbau, seluruh mahasiswa harus menjadi manusia yang memberi manfaat besar bagi masyarakat.

“Sebelum memberi manfaat, Anda harus selesai dengan urusan diri sendiri. Salah satunya, sekolah yang betul, sekolah yang baik, jangan sampai menghabiskan waktu dengan kesia-siaan,” kata Emil, sapaan Ridwan Kamil, di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (8/10/2020).

Emil mengungkapkan, ciri orang yang pintar menganalisis adalah orang yang rajin berinteraksi dengan masyarakat. Sebab, hal tersebut dapat menemukan masalah yang terjadi.

“Dengan intelektualitas, kita bisa merumuskan solusi-solusi untuk masyarakat. Saya doakan Adik-adik ada di jalur itu,” tuturnya.

Dikatakannya, momen penyerahan beasiswa JFLS harus menjadi penyemangat bagi para pemuda sebagai penerus bangsa. Terlebih, pada 2045, Indonesia diprediksi menjadi negara dengan pertumbuhan ekonomi yang luar biasa.

Ke depan, Pemprov melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Jabar akan berupaya menambah jumlah penerima JFLS. Selain itu, akan ada penambahan kriteria penerima, yakni mahasiswa Jabar yang melanjutkan pendidikan di universitas di luar Jabar.

“Tahun depan harus diperjuangkan dua kali lipat (penerimanya) sehingga penerima manfaatnya lebih banyak,” ungkapnya.

Sementara itu, Sekdisdik Jabar, Wahyu Mijaya mengatakan, pihaknya akan berusaha merealisasikan penambahan kuota dan kategori penerima JFLS tahun depan.

“Kita akan coba realisasikan dengan berbagai kondisi sekarang,” ujarnya.

Menurutnya, rencana penambahan tersebut tak lepas dari kebermanfaatan yang dirasakan oleh para mahasiswa.

“Pak Gubernur mengapresiasi ini program yang sangat bagus sehingga kebermanfaatannya harus diperluas,” ucapnya. (haf)***