Dies Natalis ke-9 PGMI IAID Ciamis, Desak Pemerintah Perhatikan Lulusan PGMI

HMPS PGMI IAID Darussalam Ciamis, menggelar Dies Natalis ke-9 Prodi PGMI IAID, Kamis (29/10/2020), (Foto: ruangliterasi.id).

Share

DIDIKPOS.COM – Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Darusalam (HMPS PGMI IAID) Darussalam Ciamis, menggelar Dies Natalis ke-9 Prodi PGMI IAID, Kamis (29/10/2020).

Kegiatan yang mengusung tema “Unity Of Diversity”itu diselenggarakan di Aula Jendral Sudirman Darusalam Ciamis.

Dalam kesempatan itu juga hadir Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Ciamis, H. Tatang, M.Pd..

Ketua Prodi PGMI IAID, Ujang Endang, mengatakan, Dies Natalis ini khusus dilaksanakan oleh mahasiswa.

“Lewat HMPS PGMI ini, mahasiswa bisa mengembangkan aktivitas organisasi secara periodik. Mahasiswa IAID Ciamis, tidak hanya aktif dalam ranah akademik saja. Ranah-ranah lain yang terkait dengan pengembangan profesi keguruan juga harus dikembangkan,” katanya.

“Talenta-talenta lain, salah satunya kesenian tradisional, bisa diakomodir dalam kegiatan PGMI. Saya sangat berharap mahasiswa di Prodi PGMI ini dapat melestarikan tradisi daerah dan bisa menerapkan kepada anak didik,” sambung Ujang.

Dikatakannya, dari tahun ke tahun, kreativitas mahasiswa PGMI dalam menggelar kegiatan terlihat menonjol. Kendati untuk saat ini acara digelar di tengan pandemi Covid-19, namun HMPS PGMI tetap konsisten menggelar kegiatan.

“Mahasiswa PGMI selalu memberikan sesuatu yang menarik. Potensi yang ditunjukan mahasiswa PGMI sejak 9 tahun lalu, akan selalu diingat bukan hanya di Ciamis, namun juga di daerah-daerah lain,” ujarnya.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Iqbal, mengatakan, acara Dies Natalis itu sekaligus memperingati hari Sumpah Pemuda.

“Mahasiswa PGMI perlu mempererat tali silaturahim. Walaupun kita berbeda-beda suku dan asal daerah tetapi tetap dipersatukan. Insyaalloh tidak akan terpecah,” tandas Iqbal.

Perhatikan Lulusan PGMI

Pada kesempatan sama Ketua Prodi PGMI IAID, Ujang Endang, menuturkan, pihaknya mengharapkan pemerintah memperhatikan lulusan PGMI.

“Kami meminta pemerintah memudahkan lulusan PGMI saat mengikuti rekrutmen CPNS. Jangan bedakan antara guru MI dan guru SD. Kita sama-sama bergerak dalam dunia pendidikan untuk mengembangkan kualitas SDM khususnya yang ada di Ciamis,” terangnya.

Kepala Disdik Kabupaten Ciamis, H. Tatang, menuturkan, peringatan Dies Natalis yang ke-9 ini ini mudah-mudahan menjadi pemicu peningkatan semangat belajar mahasiswa.

Tatang meminta lulusan PGMI jangan minder karena lulusan PGMI pasti mampu bersaing dengan yang lain.

“Contohnya saya, sekarang bisa menjadi kepala dinas,” katanya.

Rektor IAID Ciamis, N. Hani Herlina, mengatakan, pemerintah sudah membuka kesempatan kepada lulusan PGMI untuk mengikuti rekrutmen CPNS.

“Sudah dibuka seluas-luasnya. Jangan patah semangat untuk mahasiswa PGMI yang akan mengikuti CPNS,” ujarnya. (des)***

Tinggalkan Balasan