Meninjau Teori dan Aplikasi Pendidikan Inklusif

(Foto: Istimewa)

Share

Oleh Suryatno Suharma

Judul: MITRA BIMBING Model Pembelajaran dalam Pendidikan Inklusif
Tebal: 140 halaman
Penerbit: CV Maulana Media Grafika
Penulis: Dr.H. Mulyana Abdullah, M.Pd. I.

SEBAGAI model pembelajaran alternatif buku ini cocok diterapkan dalam sistem layanan pendidikan inklusif. Mitra Bimbing karya Mulyana Abdullah ini sengaja diramu agar proses pembelajaran lebih kolaboratif dan khas.

Buku ini terurai secara gamblang sejak konsep, strategi, implementasi di lapangan dengan contoh konkret seputar pembelajaran dalam pendidikan inklusif. Menggunakan bahasa yang mudah dipahami, penulis memaparkannya bab demi bab utuh dan terpadu.

Materi yang diuraikan dalam buku ini membuka wawasan pembaca bagaimana konsep keilmuan pembelajaran inklusif yang jadi rujukan pendidik dalam mengelola pembelajaran. Ini membuka memori pendidik bahwa sejatinya mengajar itu bukan langkah yang tak berpijak, namun memiliki rujuan keilmuan yang harus menjadi pijakan dan dasar dalam mengelola sekaligus mengembangkan pembelajaran.

Dan, tak kalah penting dalam mengajar yaitu adanya strategi yang efektif yang terstruktur dan terpola. Sehingga, peserta didik dapat mengikuti pembelajaran dengan tahapan yang sesuai dengan pola perkembangan tataran intelektualitasnya. Artinya, materi yang disampaikan dalam pembelajaran inklusif itu bukan yang ujug-ujug, namun disiapkan secara matang, sistematis, dan memiliki visi yang jelas.

Tak kalah menarik, buku ini memaparkan realitas penyelenggraan pendidikan inklusif. Bagaimana kendala-kendala yang dihadapi pendidik dan solusi mengatasi kendala menjadi bagian penting dalam mengembangkan pendidikan inklusif.

Pembaca dapat menjadikan buku ini sebagai perbandingan dan mencari alternatif solusi dalam menghadapi persoalan pembelajaran inklusif di lapangan.

Guru, Kepala Sekolah, Mahasiswa, hingga para orang tua kiranya tepat bila memiliki dan memahami buku ini. Pegiat dan pihak terkait pengembangan pendidikan inklusif dapat membuka cakrawala pemikiran seputar aspek teoritis dan praktis sistem pendidikan ini.***

Penulis adalah pengelola Yayasan Atikan Insan Basajan, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat.