Pertama di PTKIN, Ushuluddin UIN Bandung Gelar Munaqasyah Artikel Jurnal Ilmiah

Share

DIDIKPOS.COM – Untuk kali pertama di lingkungan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN) se-Indonesia, Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung berhasil menggelar Ujian Tugas Akhir (Munaqasyah) dengan Artikel Jurnal Ilmiah secara virtual melalui telekonferensi aplikasi zoom, Senin (26/10/2020).

Sidang Munaqasyah berlangsung atas nama Ahmad Shahid, mahasiswa Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir (IAT) bertajuk Moral Kekhalifahan Manusia dalam Al-Qur’an Menurut Teori Ecotheology Islam: Studi Tafsir Tematik

Prof. Dr. H. Rosihon Anwar, M.Ag, Wakil Rektor Bidang Akademik bertindak sebagai Pembimbing I dan Dr. H. Ecep Ismail, M.Ag, Ketua Jurusan IAT sebagai Pembimbing II. Sedangkan tim penguji terdiri dari Dr. Radea Juli A. Hambali, M.Hum (Ketua Majelis), Dr. Muhlas, M.Hum (Penguji 1), dan Irma Riyani, Ph.D. (Penguji 2).

Dekan Fakultas Ushuluddin, Dr. Wahyudin Darmalaksana, M.Ag., menjelaskan, selama masa Covid-19, mahasiswa diperbolehkan membuat tugas akhir dalam bentuk artikel ilmiah. Kebijakan Dirjen Pendis ini ditindaklanjuti melalui Surat Edaran Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

“Alhamdulillah, pelaksanaan munaqasyah jurnal ilmiah pertama di PTKIN ini berjalan dengan lancar, bahkan disaksikan oleh civitas akademika karena menggunakan zoom. Suasana pandemi covid-19 tidak menjadi halangan Fakultas Ushuluddin untuk terus berinovasi, bergegas dengan membudayakan ujian artikel jurnal,” katanya.

“Memang jurnal ilmiah menjadi arus utama di Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Prosedurnya hampir sama dengan munaqasyah skripsi, hanya ada beberapa syarat khusus,” sambung Wahyudin.

Syarat munaqasyah artikel ilmiah yaitu; pertama, mahasiswa harus menunjukan LOA (letter of acceptance) dari jurnal ilmiah. Kedua, mahasiswa melakukan perbaikan sesuai hasil reviu dari reviewer jurnal melalui pendampingan 2 dosen pembimbing tugas akhir.

Ketiga, dosen pembimbing memberikan persetujuan mengikuti munaqasyah artikel ilmiah. Keempat, dua dosen penguji munaqasyah artikel ilmiah disiapkan yang berperan memberikan penilaian kesesuaian hasil revisi dengan form reviu dari reviewer jurnal.

Kelima, dua dosen pembimbing tugas akhir dapat mendampingi mahasiswa dalam pelaksanaan ujian munaqasyah artikel ilmiah. 

“Munaqasyah artikel ilmiah dirancang sebagai model yang membuka peluang bagi mahasiswa untuk mempublikasikan hasil temuan penelitiannya di jurnal. Mahasiswa dilatih penulisan artikel ilmiah di kelas menulis, mulai dari berlatih login ke jurnal ilmiah, sampai belajar submit naskah untuk mendapat respon dari editor jurnal apakah naskah accepted atau rejected,” papar Wahyudin.

Jadi Model

Pembimbing Prof Rosihon Anwar, M.Ag merasa bangga dan bersyukur atas berjalannya sidang munaqasyah. Ini menjadi komitmen bersama pimpinan untuk terus melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu lulusan agar bisa bersaing dengan perguruan tinggi.

“Tentunya dari sidang ini diharapkan menjadi model untuk mentransfer ilmu pengetahuan. Sehingga, budaya mempublikasikan hasil penelitian pada jurnal terakreditasi dan bereputasi bisa terwujud,” jelasnya.

Mahasiswa yang mengikuti munaqasyah, Ahmad Shahid, menuturkan, kehadiran kelas menulis sangat membantu dan memudahkan dalam proses penyusunan artikel ilmiah.

“Yang paling saya suka adalah ketika merumuskan formula penelitian, karenanya penelitian saya bisa dirumuskan dengan baik. Ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya karena hasil penelitiannya bisa dipublikasikan secara ilmiah dan global serta mendapat pengakuan dari ilmuan dan cendikiawan,” jelasnya.

Diketahui, dalam munaqasyah ini, panitia menyiapkan 2 dosen penguji artikel ilmiah. Penguji berperan menilai kesiapan artikel sesuai hasil tinjauan penelaah (reviewer) jurnal ilmiah.

Sebelumnya, mahasiswa telah mendapat LOA naskah artikel diterima (accepted) di jurnal dengan ketentuan revisi dari 2 orang reviewer jurnal ilmiah. Penguji munaqasyah menilai kemampuan mahasiswa melakukan revisi naskah.

Saat pelaksanaan munaqasyah artikel ilmiah, mahasiswa didampingi 2 dosen pembimbing tugas akhir. Dosen pembimbing berperan memberikan bantuan peningkatan kualitas penulisan untuk memastikan artikel terbit di jurnal ilmiah.

Setelah selesai munaqasyah artikel illmiah Ahmad Shahid harus pengiriman kembali naskah artikel ke Jurnal Perspektif pada 31 Oktober 2020.

“Hanya memiliki waktu sepekan untuk berhasil mengejar deadline pengiriman kembali naskah artikel ke Jurnal Perspektif,” tutur Ahmad. (des)***