FK-LPPM Unjani-PDGI Bandung Barat Gelar Webinar Nasional Simplicity Updates with Unjani

PDGI Cabang Bandung Barat bekerja sama dengan FK-LPPM Unjani menggelar webinar nasional 'Simplicity Updates with Unjani', Sabtu (21/11/2020), (Foto: Humas Unjani).

Share

DIDIKPOS.COM – Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Bandung Barat bekerja sama dengan FK-LPPM Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) menggelar webinar nasional ‘Simplicity Updates with Unjani’, Sabtu (21/11/2020).

Acara mengangkat tema besar mengenai Kegawatdaruratan Medis dalam Bidang Kedokteran Gigi serta Upaya Pencegahan Covid-19 bagi Dokter Gigi.

Rektor Unjani, Prof. Hikmahanto Juwana, SH., LL.M, Ph.D, saat membuka webinar, berharap agar acara ini memberi manfaat dan pengetahuan bagi dokter gigi.

“Khususnya dalam masa pandemi ini,” kata Rektor.

Ketua panitia acara, drg. Rita Rositta Laila, menuturkan, webinar Simplicity diikuti oleh 245 orang peserta. Webinar juga dihadiri undangan yang terdiri dari Ketua PDGI berbagai wilayah di Bandung Raya.

“Webinar diselenggarakan dalam dua sesi. Untuk sesi pertama diisi dengan materi bertema Kegawatdaruratan Medis. Adapun sesi kedua diisi materi Tips dan Trik Mencegah Infeksi Virus Covid-19 dan Tata Laksana Pemakaian APD yang Benar,” katanya.

Sementara itu, dalam webinar sesi pertama yang membahas Kegawatdaruratan Medis, tampil narasumber staf dosen di Fakultas Kedokteran Unjani Alexander Siagian, dr., Sp. An., M. Kes. dan Florence Meliawati, drg., Sp. BM., M. Kes.

Dalam materi yang dibawakan oleh drg. Alexander Siagian, peserta disuguhkan live demo mengenai bantuan hidup dasar yang penting dipahami oleh semua tenaga kesehatan.

Simulasi ini juga mencontohkan tata cara bantuan hidup dasar yang dapat dilakukan di masa pandemi, yang aman bagi operator dan pasien.

Untuk materi kedua yang disampaikan oleh drg. Florence Meliawati, mengangkat judul Manajemen Kedaruratan di Praktik Dokter Gigi.

“Dokter gigi harus memperhatikan hal-hal penting saat terjadi kegawatdaruratan dan hal-hal yang tidak diinginkan dalam praktik,” kata Ketua Komite Medik RSGM Unjani.

Sesi kedua diisi oleh narasumber Wakil Dekan 1 Fakultas Kedokteran Unjani, Yudith Yunia Kusmala, dr., M. Kes., Sp. PD dan Tichvy Tammama, drg., Sp. BM dengan materi Tips dan Trik Mencegah Infeksi Virus Covid-19 dan Tata Laksana Pemakaian APD yang Benar.

Dalam paparannya, dr. Yudith menjelaskan mengenai hal-hal yang harus diperhatikan terkait Covid-19 serta tips untuk mencegah paparan virus tersebut.

Ia menerangkan tata cara cuci tangan yang benar, etika batuk dan bersin, protokol kesehatan selama bepergian, menggunakan transportasi umum, serta di area publik. Pemilihan masker pun tak luput dari perhatiannya.

“Penelitian menunjukkan bahwa masker KN-95 dengan valve tidak dapat sepenuhnya memblokir transmisi droplet dari pengguna pada lingkungan di sekitarnya,” kata dr. Yudith.

Pemateri drg. Tichvy Tammama, menerangkan tentang pemakaian alat perlindungan diri (APD), tata cara membersihkan APD yang telah dipakai, serta prosedur pemakaian ulang masker N-95.

“Tata cara pakai-lepas APD sangat penting diperhatikan oleh tenaga kesehatan, untuk mencegah transmisi virus baik terhadap tenaga kesehatan maupun pasien,” terangnya.

Webinar yang didukung oleh Aku Berbagi dan MediProject ini, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dokter gigi, serta meningkatkan kesadaran dokter gigi untuk tetap menjaga diri dalam masa pandemi. (des)***

Tinggalkan Balasan