Pemeriksaan Gratis di FK Unjani, Diikuti Warga Kampus dan Sekitar Kampus

FK Unjani menyelenggarakan pemeriksaan gratis bagi warga kampus dan sekitar kampus. (Foto: Humas Unjani).

Share

DIDIKPOS.COM – Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Achmad Yani (FK Unjani) menyelenggarakan pemeriksaan gratis bagi warga kampus Unjani (karyawan/dosen dan non-dosen [tenaga kependidikan/staf penunjang]). Pemeriksaan gratis ini juga diberikan bagi warga di sekitar kampus Unjani dan Kota Cimahi.

Kegiatan pemeriksaan gratis yang diikuti sekitar 150 warga dan berlangsung di Ruang Keterampilan Medik (Tramed) Gedung Hindarto Joesman FK Unjani, pada Jumat (20/11/2020) ini, merupakan gabungan dari beberapa kegiatan pengabdian masyarakat yang didukung oleh LPPM Unjani.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan pengabdian masyarakat dengan Tim Kesehatan dari FK Unjani yang merupakan dosen dan Dokter muda FK Unjani. Pemeriksaan gratis terdiri dari pemeriksaan laboratorium dengan pengambilan sampel urine dan darah, serta pemeriksaan USG,” sebut siaran pers dari Humas Unjani, Sabtu (21/11/2020).

Dipaparkannya, pemeriksaan kesehatan untuk deteksi gangguan fungsi hati dan penyakit perlemakan hati, dilaksanakan oleh Tim Kesehatan yang diketuai Ris Kristiana, dr., SpPA. Deteksi dini dilakukan pada warga yang memiliki risiko, seperti mereka dengan berat badan berlebih dan obesitas, usia lebih dari 40 tahun, serta memiliki pola makan yang tidak sehat.

“Deteksi penyakit ini dilakukan dengan pemeriksaan profil lipid dengan sampel darah dari penderita,” katanya.

Selanjutnya, bagi masyarakat dan karyawan Unjani yang berjenis kelamin pria, juga dilakukan deteksi dini penyakit kelenjar prostat, melalui pemeriksaan urinalisis dan USG. Pemeriksaan dilaksanakan oleh Tim Kesehatan yang dipimpin oleh Irwan Margana, dr., SpRad.

Selain pemeriksaan darah, pemeriksaan USG hati juga dilakukan, untuk menilai kemungkinan adanya kelainan organ tersebut berupa perlemakan hati. Pemeriksaan ini dilakukan oleh Tim Kesehatan yang diketuai oleh Priatna, dr., Sp. Rad.

“Untuk mendeteksi adanya kelainan empedu, Tim Kesehatan yang diketuai Ilma Fiddiyanti, dr., Sp.Rad., M.Kes. melakukan pemeriksaan USG saluran dan kantung empedu untuk mendeteksi peradangan dan batu empedu,” tuturnya.

Ditambahkannya, setelah pemeriksaan gratis ini, Tim Pengabdian Masyarakat FK Unjani akan menyelenggarakan penyuluhan bagi masyarakat tentang deteksi awal, resiko, dan pencegahan penyakit-penyakit tersebut.

“Diharapkan kegiatan ini bermanfaat meningkatkan pengetahuan masyarakat sehingga tergerak untuk memperbaiki gaya hidup. Itu sebagai upaya pencegahan penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, khususnya dosen, karyawan, dan masyarakat di sekitar kampus Unjani,” imbuhnya. (des)***

Tinggalkan Balasan