Pemprov Jabar Gandeng City of Glasgow College, Bangun SMK Kemaritiman

Share

DIDIKPOS.COM – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bekerja sama dengan City of Glasgow College untuk mengembangkan pendidikan vokasi di bidang kemaritiman. Penandatanganan letter of intent (LoI)/perjanjian kerja sama dilaksanakan secara virtual di Gedung Pakuan, Rabu (18/11/2020).

Salah satu point kerja sama yang ditandatangani yaitu pembangunan sekolah (SMK) kemaritiman di Jabar berfokus pada bantuan pembangunan kurikulum vokasi dan transfer pengetahuan teknologi kemaritiman.

Kerja sama lainnya yaitu peningkatan kompetensi bagi guru di bidang keahlian kemaritiman, peningkatan kemampuan bahasa, bantuan uji kompetensi siswa di perusahaan kemaritiman, dan pemberian bantuan dalam proses pembangunan manajemen logistik.

Surat kerja sama tersebut ditandatangani oleh Gubenur Jabar, Ridwan Kamil sebagai pihak kesatu dan Vice Principal of City of Glasgow Collage, Roy Gardner sebagai pihak kedua. Penandatanganan kerja sama secara virtual tersebut dihadiri Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins.

“City of Glasgow College memiliki spirit yang sama untuk mendorong peningkatan industri kemaritiman global. Kita bisa mengadopsi berbagai keunggulan yang dimiliki mereka sebagai sekolah vokasi internasional terbaik di dunia,” jelas Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, seusai penandatanganan kerja sama.

Menurut Emil, sapaan Ridwan Kamil, kerja sama tersebut dalam upaya mempersiapkan sumber daya manusia (SDM) yang bersaing untuk pengembangan area ekonomi baru yang digagas oleh Pemprov Jabar, yakni Rebana Metropolitan.

Rebana Metropolitan merupakan wilayah utara/timur laut Provinsi Jabar yang meliputi tujuh daerah, yakni Kabupaten Sumedang, Majalengka, Cirebon, Subang, Indramayu, Kuningan, dan Kota Cirebon.

“Melalui program kemitraan ini, saya percaya akan mampu berkontribusi dalam mengembangan sumber daya manusia serta pengembangan ketenagakerjaan untuk menghadapi Rebana Metropolitan sebagai segitiga emas zona ekonomi di Jabar,” tuturnya.

Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menyambut baik kerja sama tersebut.

“Inggris menyambut baik kolaborasi berkelanjutan dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dalam hal pengembangan kemampuan guru, staf pengajar, dan siswa, sekaligus peningkatan kurikulum guna memastikan lulusan sekolah vokasi dapat memenuhi tuntutan industri,” ujarnya. (des)***