Teknologi VR dari ITB, Desain Kuliah Layaknya Berinteraksi di Kampus

Share

DIDIKPOS.COM – Sekolah Bisnis dan Manajemen Institut Teknologi Bandung (SBM ITB) mengembangkan teknologi virtual reality (VR) dalam proses perkuliahan di masa pandemi Covid-19 ini.

Melalui teknologi ini, ditampilkan gambar tiga dimensi seseorang dalam dunia maya (avatar). Teknologi tersebut memungkinkan peserta didik berinteraksi layaknya di dalam kelas dan ruang lain di SBM ITB.

Kepala Laboratory of Educational Games (LEG) SBM ITB Dr. Eng. Nur Budi Mulyono mengatakan, LEG mulai mengembangkan VR pada tahun ini.

“Tujuan pembuatannya untuk membantu perkuliahan secara virtual dan pelatihan berbasis permainan (game). Termasuk untuk mengadakan wisuda secara daring,” kata Budi, dalam siaran pers, Minggu (15/11/2020).

Penggunaan teknologi VR terlihat dalam Wisuda SBM ITB pada Sabtu, 14 November 2020.

VR menampilkan avatar para lulusan yang terdiri atas 317 sarjana, 235 Magister, dan 4 Doktor.

“Operasional teknologi ini menggunakan mozilla hub dan unity web. Untuk membuat virtual reality acara wisuda, dibutuhkan waktu hingga satu bulan,” kata Budi.

Dekan SBM ITB, Prof. Utomo Sarjono Putro menuturkan, teknologi virtual reality merupakan salah satu inovasi yang sedang dikembangkan oleh LEG menuju sistem pendidikan 4.0.

“Teknologi itu memungkinkan peserta didik untuk berinteraksi layaknya interaksi sehari-hari yang didesain mirip dengan lingkungan kelas dan ruangan di SBM ITB,” terang Utomo. (gib)***