272 Proposal Lulus Seleksi Inovasi Bisnis Mahasiswa

Share

DIDIKPOS.COM – Sebanyak 272 proposal dinyatakan lulus seleksi “Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM)” yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Peserta yang lulus seleksi akan menerima bantuan pendanaan sebagai stimulus dan pengembangan bisnis senilai Rp 5 juta sampai Rp 15 juta.

Diketahui, mahasiswa yang mengajukan proposal pada program ini sebanyak 1.141. Proposal yang diterima dibagi ke dalam tiga bidang yaitu akademik (universitas, institut dan sekolah tinggi), vidang vokasi (politeknik), dan bidang disabilitas.

Dirjen Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kemendikbud, Wikan Sakarinto, mengatakan, bantuan pendanaan tersebut diperuntukan bagi setiap usulan yang lolos seleksi pada seluruh kategori yang terdiri dari 202 bidang akademik, 59 bidang vokasi, dan 11 bidang disabilitas.

“Kami mengucapkan selamat kepada para finalis yang telah lulus ke babak final KIBM 2020, baik dari bidang akademik, vokasi, dan disabilitas. Kami beranggapan bahwa seluruh finalis adalah juara untuk kompetisi ini dan Anda adalah calon-calon juara hebat untuk Indonesia masa depan,” kata Wikan, dalam keterangannya, Jumat (4/12/2020).

Wikan berharap, melalui program ini, mahasiswa yang memiliki jiwa kewirausahaan mampu bersaing secara global dengan mengoptimalkan potensi nasional. Ia juga berharap para peserta KIBM mampu menciptakan ide-ide bisnis yang mampu mengundang investor yang besar dari dalam dan luar negeri.

Wikan mengatakan, sebenarnya para investor sedang menunggu ide-ide yang segar dan berorientasi kepada kebutuhan masa depan.

“Saya pastikan dana yang terparkir dari investor-investor itu sangat besar dan mereka kalau sudah percaya kepada sebuah ide dan pemilik ide itu, mereka akan jauh lebih confident untuk mengalirkan dana mereka pada start up seperti ini,” kata dia.

Wikan juga merasa bangga atas capaian mahasiswa disabilitas yang telah membangun motivasi bagi teman-temannya. Ia mendorong agar para mahasiswa ini mampu membangun kesadaran, motivasi, dan kepercayaan diri mahasiswa inklusi dalam berwirausaha. (haf)***