Ini Hasil Rakor PTKIS-Kopertais Wilayah II Jawa Barat Tahun 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Rapat Koordinasi (Rakor) Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS)-Kopertais tahun 2020 menghasilkan beberapa kesepakatan. Antara lain, pelaksanaan PIOSIMA (Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni Mahasiswa) Kopertais Jawa Barat yang sedianya dilaksanakan tahun 2021, diundur menjadi Tahun 2022 atas pertimbangan kondisi Covid-19.

“Selain itu Rakor juga menyepakati terbentuknya Tim Formatur untuk membentuk Forum Pimpinan PTKIS Jawa Barat, yang diketuai oleh Dr. Imdadun, Rektor INAIS Bogor. Lalu, tarif Layanan Kopertais tahun 2021 ditetapkan tidak mengalami perubahan,” kata Ketua Pelaksana, H. Usep Dedi Rostandi, M.A., pada penutupan Rakor PTKIS-Kopertais tahun 2020, di Grand Hotel Preanger, Jln. Asia Afrika 81 Bandung, Rabu (01-02/12/2020).

Rakor dihadiri oleh Koordinator, Wakil Koordinator, Sekretaris, Wakil Sekretaris, Bidang Ahli, Kasubag, staf Kopertais dan Pimpinan PTKIS yang berada di bawah naungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat.

Dalam acara yang mengusung tema Optimalisasi Kinerja Pembelajaran dan Peningkatan Mutu Perguruan Tinggi di lingkungan Kopertais Wilayah II Jawa Barat itu menghadirkan dua narasumber dari Asesor BAN-PT yaitu Dr. Agus Mulyana, M.Hum. (Dosen Universitas Pendidikan Indonesia) yang membahas tentang Akreditasi Insitusi dan Program Studi serta Dr. Dadang Rahmat Hidayat, M.Si. (Dosen Universitas Padjadjaran) yang membahas tentang Pembelajaran Daring.

Narasumber lainnya yaitu Prof. Dr. Sahya Anggara, M.Si.(Guru Besar UIN Bandung) yang membahas tentang Kemahasiswaan, terutama Pekan Ilmiah Olahraga dan Seni Mahasiswa (PIOSIMA II); Dr. H. Ujang Dedih, M.Ag. (Dosen UIN Bandung) yang membahas tentang Kelembagaan Forum PTKIS; Dr. Ramadhani Wahyu Sururie, MH (Dosen Pascasarjana UIN Bandung) melakukan praktik proses daring akademik.

Menurut Usep, sebanyak 141 peserta yang mengikuti Rakor tetap melaksanakan protokol kesehatan dengan melakukan cuci tangan, memakai masker, dan jaga jarak.

“Setelah berkoordinasi dengan Gugus Covid-19, Alhamdulillah acara bisa dilaksanakan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” jelasnya.

“Mudah-mudahan dengan adanya rapat koordinasi PTKIS dengan Kopertais dapat meningkatkan mutu akademik di lingkungan PTKIS, terutama tentang akreditasi institusi, program studi dan proses pembelajaran daring di tengah kondisi pandemi Covid-19 ini,” sambung Usep. (des)***