Kasus Covid-19 Meningkat, DPR: Kaji Ulang Pembukaan Sekolah pada Januari 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), Syaiful Huda, meminta agar pemerintah mengkaji ulang pembukaan sekolah pada Januari 2021 mendatang.

“Dalam beberapa hari terakhir ini, kami menerima banyak masukan dari orang tua murid yang khawatir jika sekolah jadi dibuka kembali bulan depan. Mereka khawatir dengan penyebaran Covid-19 yang kian tak terkendali,” kata Syaiful Huda, Sabtu (26/12/2020)

“Akhir bulan ini tren peningkatan kasus Covid-19 terus terjadi. Saya memprediksi kondisi ini akan terus berlanjut hingga bulan depan mengingat maraknya orang mudik dan liburan akhir tahun,” tambahnya.

Menurut Huda, kasus Covid-19 pada kalangan anak di Indonesia relatif tinggi dibandingkan dengan rata-rata kasus dunia.

Jika rata-rata kasus Covid-19 anak-anak dunia mencapai 8 persen, sementara di Indonesia kasus virus corona mencapai hingga 11 persen.

Rinciannya, jumlah kasus Covid-19 pada anak usia 0-18 tahun mencapai 74.249 kasus dan anak usia 5-18 tahun 56.817 kasus.

Sedangkan kasus anak meninggal akibat Covid-19 mencapai lebih dari 530 jiwa.

“Tingkat kematian anak akibat Covid-19 sama dengan tingkat kematian kasus Covid-19 pada usia 18-30 tahun dengan rerata 0,7 persen. Fakta ini menunjukkan bahwa risiko Covid-19 pada anak hampir sama dengan risiko Covid-19 pada usia dewasa. Jadi memang butuh kehati-hatian ekstra,” ucapnya.

Ia mengakui jika di daerah-daerah desakan agar sekolah dibuka cukup kencang disuarakan orang tua siswa. Namun, itu harus dipastikan berdasarkan data yang ada risiko jika sekolah tetap dibuka di Januari nanti. (des)***

Sumber: Pikiran-Rakyat.com/Antara