Paduan Suara Mahasiswa UPI Juara I Peksiminas XV 2020

Share

DIDIKPOS.COM – Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung meraih predikat Juara 1 dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XV 2020 pada kategori Vocal Group.

Pengumuman pemenang event yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini, disampaikan pada penutupan Peksiminas XV melalui aplikasi zoom, Minggu (29/11/2020).

Dalam siaran pers dari Humas UPI disebutkan, Tim PSM UPI yang dibimbing oleh Prof. Tri Indri Hardini, M.Pd. ini yaitu Debora Catherine Pranata, Refa Ziadul Wuzdan, Jihaan Fithriyyah, dan Shifa Amelia Qinthara.

Selanjutnya, Mima Afifah Fajria Bawole, Muhammad Ramadhan Maulana A., Muhammad Isyam Yasdi, Christopher Regan, Ria Novitasari, dan Aldian Suryadi.

“Pada lomba ini PSM UPI membawakan lagu ‘Tunggu Apa Lagi’ dari Lalahuta yang diaransemen oleh Farhan Reza Paz, S.Pd. M.Sn.,” katanya, Minggu (6/12/2020).

Sebelumnya, Plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional Kemendikbud, Asep Sukmayadi, mengatakan, dalam Peksiminas XV Tahun 2020 ini ada 15 tangkai seni yang menjadi materi lomba, yaitu Seni Tari, Vokal Grup, Nyanyi Pop, Keroncong, Seriosa, Dangdut, Baca Puisi, Monolog, Seni Lukis, Desain Poster, Fotografi, Penulisan Cerpen, Penulisan Lakon, Penulisan Puisi, dan Komik Strip.

“Berbeda dari pelaksanaan perlombaan tahun-tahun sebelumnya pada Peksiminas XV ini dilaksanakan secara daring yaitu dengan mengirimkan karya. Itu untuk mempertimbangkan kondisi pandemik Covid-19 yang terjadi saat ini,” terangnya.

Ia menuturkan, Peksiminas merupakan puncak kegiatan kemahasiswaan di bidang pengembangan bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni.

“Melalui kegiatan ini diharapkan para mahasiswa mampu meningkatkan dan mengembangkan prestasi dan kreasi seninya untuk memperkaya budaya bangsa berdasarkan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Asep.

Diketahui tahapan penyelenggaraan Peksiminas XV dimulai dengan sosialisasi pada 26 September 2020, pendaftaran (12- 20 Oktober 2020), seleksi adminstrasi (21-23 Oktober 2020), pengumuman seleksi adminstrasi (24 Oktober 2020), technical meeting (26 Oktober 2020 dan 14 November 2020).

Selanjutnya pengiriman karya pada 9-15 November 2020 dan pengumuman pemenang pada 29 November 2020. (des)***