Unpad-RGI, Kembangkan Mobile Lab untuk Cegah Penyebaran Covid-19

Unpad menggandeng RGI dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Kerja sama ini berupa inovasi teknologi dalam bentuk laboratorium bergerak (Mobile Lab), (Foto: Istimewa).

Share

DIDIKPOS.COM – Universitas Padjajaran (Unpad) menggandeng pihak swasta Rajawali Global Investama (RGI) dalam melakukan pencegahan penyebaran Covid-19. Kerja sama ini berupa inovasi teknologi dalam bentuk laboratorium bergerak (Mobile Lab).

“Kehadiran laboratorium ini sebagai bentuk responsif dengan masih banyaknya masyarakat yang enggan datang langsung ke rumah sakit untuk melakukan test swab. Ini diharapkan bisa menjadi solusi dari masalah keterbatasan fasilitas kesehatan untuk isolasi pasien Covid-19 saat ini,” kata Ketua Tim Inovasi, Prof. Dr. Apt. Keri Lestari, M.Si., dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (17/12/2020).

Prof. Keri mengatakan, Mobile Lab ini merupakan salah satu alat pendukung strategis untuk melakukan test, trace (pelacakan kontak), dan isolasi. Mobil Lab ini, telah memiliki Surat Keterangan Rancang Bangun (SKRB) dari Dirjen Perhubungan Darat RI.

Fasilitas Lab dilengkapi dengan Biosafety cabinet Level II A2 untuk mencegah virus menginfeksi penguji, ruang laboratorium bertekanan negatif. Selanjutnya di dalam laboratorium ini telah terpasang HEPA Filter untuk mencegah virus mencemari lingkungan sesuai dengan Standar BSL-2 WHO.

“Mobil ini dilengkapi dengan aplikasi InaTTI (Indonesia Test Trace & Isolation) yang memperkuat pengendalian pandemik melalui metoda Test Trace & Isolation secara on-line berbasis aplikasi web based,” ujar Dirut Insititut Pembangunan Jawa Barat-Unpad yang juga Ketua Satgas Covid-19 Ikatan Apoteker Indonesia itu.

Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad, Diana Sari, S.E., M.Mgt., Ph.D., menuturkan, Mobile Lab adalah hasil karya anak negeri yang siap mendukung konsep pengedalian pandemik Covid-19 di Indonesia melalui pelacakan kontak erat sampai ke pelosok-pelosok. Selain itu, melakukan pendampingan isolasi mandiri oleh tenaga kesehatan secara online melalui aplikasi Indonesia Test Trace & Isolation (InaTTI).

“Laboratorium bergerak BSL (Bio Safety Level) 2 ini telah mengantungi sertifikasi World Bio Haz Tec. Inovasi ini telah memenuhi kriteria dari KKB Litbangkes tentang Standar Laboratorium Bergerak Biosafety tingkat 2. Ini adalah hasil karya anak bangsa yang harus kita dukung bersama,” katanya. (des)***

Sumber: Republika.co.id

1 tanggapan pada “Unpad-RGI, Kembangkan Mobile Lab untuk Cegah Penyebaran Covid-19”

  1. Attractive part of content. I simply stumbled upon your blog and in accession capital to say that I acquire in fact enjoyed account your blog posts. Anyway I’ll be subscribing on your augment and even I fulfillment you get entry to constantly quickly.

Tinggalkan Balasan