Yayasan Ruang Baca Komunitas: Tutup Tahun dengan Buku

(Foto: Istimewa)

Share

DIDIKPOS.COM – Banyak cara untuk menyambut pergantian tahun. Salah satunya, menutup tahun dan sekaligus mengawali tahun anyar dengan meluncurkan buku, seperti dilakukan Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK).

Menurut Ketua YRBK, Siti Maroah, sebagai lembaga yang konsern pada dunia literasi, tentu saja buku yang dihasilkan pun seputar isu-su literasi dengan segala dinamika wacana dan problematikanya. Termasuk kiat-kiat, saran, masukan terkait upaya untuk memajukan serta meningkatkan budaya literasi.

“Kali ini merupakan buku kami yang kedua belas dengan fokus pada tema Jawa Barat Literat,” ungkap Siti, Kamis (31/12/2020).

Siti menjelaskan, ada 24 orang yang terlibat sebagai kontributor atau penulis dalam buku yang terdiri dari dua bagian utama. Bagian pertama merupakan kumpulan tulisan gerakan literasi berbasis sekolah. Penulisnya adalah Barnas, R. Yulia Yulianti, Enung Titin Agustikawati, MM, Sugiharti, Iis Sulastri, Ii Masitoh, S.Pd.I, Putri Sri Jayanti, Asmahudroh, dan Saeful Hadi.

Bagian kedua merupakan kumpulan tulisan gerakan literasi masyarakat yang ditulis oleh para pegiat literasi masyarakat dari berbagai lembaga/organisasi literasi di Jawa Barat, seperti Taman Bacaan Masyarakat (TBM), Komunitas Baca, Perpustakaan Desa/Kelurahan, dan lain-lain.

Penulis pada bagian ini terdiri dari Neni Alyani, Enjang Hidayat, Nita Nurmila Sari, Eldi Andiwinata, Nida Fadlilah, Septian Muhammad Sofiawan, Baldan Fathullah, Hesti Muliawati, Elyani Sulistialie, dan Nono Daryono.

Adapun di bagian awal diantarkan dengan tulisan catatan iftitah yang ditulis oleh Ketua YRBK Siti Maroah, Pengurus IPI Jawa Barat Neni Alyani, serta Kepala Dispusipda Provinsi Jawa Barat Ir. H. Ahmad Hadadi, M.Si..

“Catatan yang ditulis secara kreatif dan inovatif ini diharapkan dapat mendorong peningkatan minat baca maupun budaya literasi umumnya di Provinsi Jawa Barat. Dengan begitu diharapkan terciptanya Provinsi Jawa Barat yang literat sebagai modal dasar bagi kemajuan Provinsi Jawa Barat masa kini maupun di masa yang akan datang,” ucap Kepala Dispusipda Jabar, Ahmad Hadadi.

Pendiri YRBK, Sofian Munawar mengatakan penerbitan buku ini tidak lepas dari upaya untuk turut mendorong pencapaian idealism untuk mewujudkan Jawa Barat Literat. Rencana awal penerbitan buku ini, digagas sejak akhir Oktober dalam rangkaian kegiatan Bulan Bahasa 2020.

“Alhamdulillah penerbitan buku ini tuntas di akhir tahun, semoga dapat menjadi kado terindah di awal tahun,” pungkas Sofian. (ach)***

Tinggalkan Balasan