FSGI Beri Rekomendasi Soal Rencana Pembelajaran Tatap Muka 2021

Share

DIDIKPOS.COM – Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI) memberikan sejumlah rekomendasi terkait rencana dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) pada Januari 2021.

“Rekomendasi FSGI diberikan untuk mengingatkan pemangku kepentingan, bahwa PTM harus dilakukan secara cermat dan hati-hati,” kata Sekjen FSGI, Heru Purnomo, Jumat (1/1/2021).

Ia mengungkapkan, rekomendasi ini diberikan sebagai salah satu bagian dari rangkaian survei FSGI terhadap rencana PTM tersebut.

Survei diikuti oleh 6.513 responden guru dari sejumlah provinsi, yaitu provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Banten, Yogyakarta, Kalimantan Tengah, Bengkulu, Jambi, NTB, NTT, Papua, dan Papua Barat.

“Sebesar 49,36 persen responden menyatakan setuju, sedangkan 45,27 persen responden menyatakan tidak setuju PTM dimulai pada Januari 2021,” katanya.

Berikut rekomendasi FSGI terkait PTM Januari 2021:

1) FSGI mendorong pemerintah daerah untuk hati-hati dalam memutuskan membuka sekolah pada Januari 2021, karena kasus Covid-19 masih tinggi dan belum dapat dikendalikan;

2) FSGI mendorong pemerintah tetap menetapkan bahwa 4 Januari 2021 sebagai awal semester genap, namun bukan berarti PTM dilakukan pada 4 Januari 2021, karena masih butuh waktu lama dalam penyiapan infrastruktur dan protokol kesehatan adaptasi kebiasaan baru di sekolah;

3) FSGI mendorong pembukaan sekolah di mulai dari kelas paling atas, pada jenjang paling tinggi dan disertai uji coba dengan 25 persen siswa;

4) FSGI mendorong tes swab antigen untuk seluruh pendidik dan peserta didik yang akan melakukan PTM.

(haf)***

Sumber: Sindonews.com