Mendikbud: 10 Ribu Guru Ditargetkan Ikuti Sertifikasi pada Tahun 2021

Mendikbud Nadiem Makarim, (Foto: Idntimes.com).

Share

DIDIKPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menargetkan akan melakukan sertifikasi terhadap 10 ribu guru dan tenaga kependidikan pada tahun 2021.

“Peningkatan kesejahteraan guru menjadi target kami tahun ini. Kami pastikan sertifikasi guru tenaga pendidikan masih terus berjalan,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, dalam taklimat media daring, Selasa (5/1/2020).

Nadiem menyebutkan, selain sertifikasi guru, Kemendikbud sudah mempersiapkan beberapa program, di antaranya melakukan pendidikan kepada 19.624 guru penggerak dan rekrutmen guru PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian Kerja) oleh 548 pemerintah daerah.

Lalu, penjaminan mutu, sekolah penggerak, dan organisasi penggerak kepada 20.438 orang guru.

“Rekrutmen satu juta guru PPPK diprioritaskan untuk guru honorer K2, honorer non K2, guru swasta, dan lulusan pendidikan profesi guru (PPG),” katanya.

Nadiem mengimbau seluruh guru honorer ikut dalam seleksi PPPK nanti. Bagi yang lulus tes bisa mengisi formasi satu juta guru PPPK. Selain itu bagi guru-guru PPPK yang berkinerja baik dan memenuhi persyaratan sesuai perundang-undangan, akan diberikan kesempatan ikut seleksi CPNS.

“Jadi ini kami siapkan satu juta guru PPPK. Kalau yang lulus tes tahun ini satu juta berarti satu juta yang akan diangkat PPPK. Kalau yang lulus tes 100 ribu, berarti 100 ribu yang akan diangkat. Lulus tes 200 ribu maka 200 ribu yang akan diangkat,” bebernya.

Ditambahkannya, bila tahun ini kuota yang terisi tidak sampai sejuta, sisanya akan dilakukan rekrutmen PPPK tahun depan. Guru honorer juga bisa terus mencoba sampai tiga kali tes.

“Semua guru honorer akan diberikan kesempatan bukan hanya satu kesempatan tapi sampai tiga kali kesempatan,” tandas Nadiem Makarim. (des)***

Sumber: Jpnn.com

Tinggalkan Balasan