Ini Info Penting Seputar Pendaftaran SNMPTN 2021

Logo SNMPTN, (Foto: Indonesia.go.id).

Share

DIDIKPOS.COM – Pendaftaran Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2021 berlangsung mulai Senin, 15 Februari 2021 pukul 15.00 WIB sampai Rabu, 24 Februari 2021 pukul 15.00 WIB.

“Ada batas waktu yang telah ditetapkan sehingga calon pendaftar diminta untuk segera mendaftar. Tidak mendaftar menjelang jadwal penutupan atau pada hari terakhir pendaftaran,” kata Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) Mohammad Nasih dalam surat edaran tentang Pembukaan Pendaftaran SNMPTN 2021 yang ditujukan kepada kepala sekolah dan siswa SMA/MA/SMK seluruh Indonesia, Senin (15/2/2021).

Ia menyebutkan, pendaftaran dilakukan melalui portal LTMPT di https://portal.ltmpt.ac.id atau melalui laman https://snmptn.ltmpt.ac.id.

“Siswa yang dapat mendaftar SNMPTN adalah siswa yang sudah memiliki akun LTMPT dan sudah permanen, siswa yang dinyatakan eligible oleh sekolah, dan memiliki nilai yang lengkap di PDSS (Pangkalan Data Sekolah dan Siswa),” ujarnya.

Pengumuman hasil SNMPTN dijadwalkan pada 22 Maret 2021 melalui laman LTMPT di https://pengumumansnmptn.ltmpt.ac.id dan laman mirror pengumuman di beberapa PTN yang akan diinformasikan kemudian. Pendaftaran ulang peserta yang lulus SNMPTN dapat dilihat di laman PTN penerima.

Tujuh Langkah Pendaftaran SNMPTN 2021

Sementara itu dikutip dari instagram resmi LTMPT, berikut 7 langkah mendaftar SNMPTN:

Pertama, siswa melakukan login di portal LTMPT (portal.ltmpt.ac.id) menggunakan akun LTMPT dengan alamat email dan password yang telah terregistrasi.

Kedua, siswa mengisikan Kelengkapan Data Orang Tua pada halaman Profil.

Ketiga, siswa melakukan pendaftaran SNMPTN dengan mengisikan prodi yang dipilih pada halaman pilihan. Sedangkan langkah keempat adalah siswa mengisikan portofolio (sesuai kebutuhan prodi).

Kelima, siswa mengisikan prestasi apa yang telah diraih selama bersekolah pada halaman Prestasi di laman portal LTMPT (tidak wajib).

Keenam, siswa melakukan finalisasi pada halaman Finalisasi.

Ketujuh, siswa mengunduh dan mencetak kartu registrasi.

(des)***