Gandeng Alumni, SMKN 9 Bandung Menggagas Program ‘Guru Tamu’

Kepala SMKN 9 Bandung, Anne Sukmawati Kurnia Dewi, saat berbicara dalam acara 'Sinergisme Temu Alumni', Senin (22/3/2021), (Foto: Humas Disdik Jabar).

Share

DIDIKPOS.COM – SMKN 9 Bandung menggagas program ‘Guru Tamu’. Dalam program ini, para alumni SMKN 9 yang telah menjadi bagian dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) diundang untuk berbagi pengalaman dan sharing inovasi kepada siswa.

Kepala SMKN 9 Bandung, Anne Sukmawati Kurnia Dewi, mengatakan, ditargetkan enam kompetensi keahlian akan memiliki minimal satu guru tamu.

“Minimal satu, tapi bisa lebih. Apalagi para alumni juga akan berperan memberikan penguatan bagi para siswa yang PKL dan di teaching factory (tefa),” kata Anne, saat berbicara dalam acara ‘Sinergisme Temu Alumni’, di Aula SMKN 9 Bandung, Jalan Soekarno-Hatta 10, Bandung, Senin (22/3/2021).

Menurut Anne, selain membantu pengembangan potensi siswa, program tersebut bertujuan membangun sinergisme antara sekolah dengan alumni.

“Sebagai guru tamu, mereka nanti bisa membekali siswa dengan pengalaman mereka di DUDIKA,” ujarnya.

Dituturkannya, melalui program ‘Guru Tamu’, para alumni juga bisa mendampingi para siswa untuk berinovasi dalam menghasilkan produk usaha di tiap kompetensi keahlian.

“Produk di SMKN 9 Bandung itu sudah bagus. Nah, ketika didampingi industri, mungkin ada inovasi-inovasi yang bisa dilakukan oleh siswa atas pengalaman para alumni di DUDIKA,” ujarnya.

Anne menambahkan, selain menjadi guru tamu di mata pelajaran produktif serta mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan, para alumni pun diproyeksikan menjadi penguji pada uji komptensi keahlian (UKK) dan uji level siswa.

“Saya berharap, melalui sinergisme para alumni bisa berperan serta mengembangkan lulusan SMK di Jabar,” pungkasnya. (haf)***