Hati-hati Pilih Lokasi UTBK: Tak Sesuai Domisili, Gagal Ikuti SBMPTN 2021

oleh -1474 Dilihat
Share

DIDIKPOS.COM – Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) menyampaikan agar peserta Ujian Tulis Berbasis Komputer-Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negerti (UTBK-SBMPTN) 2021 memilih pusat UTBK yang dekat dengan domisili atau tempat tinggal. Itu dilakukan, untuk mengindari mobilisasi antarkota atau provinsi di masa pandemi Covid-19,

“Jadi peserta harus pilih UTBK sesuai domisili. Setiap risiko menjadi tanggung jawab peserta. Apabila terjadi kesalahan dalam pemilihan pusat UTBK, itu menyebabkan peserta tidak diperbolehkan mengikuti UTBK-SBMPTN 2021,” ucap LTMPT dalam akun Instagram resminya @ltmptofficial, Kamis (25/3/2021).

Dalam memilih pusat UTBK, setidaknya ada tiga petunjuk dan empat alur yang bisa dilakukan. Hal itu demi menghindari kesalahan saat melakukan pendaftaran.

Petunjuk memilih pusat UTBK:

1. Apabila pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 sukses, peserta akan dapat lokasi ujian, ruang ujian di Pusat UTBK yang peserta pilih. Serta tanggal, hari dan sesi ujian. Itu bisa cek di kartu pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021.

2. Pada saat pelaksanaan UTBK, kamu harus datang ke Pusat UTBK tersebut. Jadi pastikan bahwa kamu yakin bisa melakukan ujian di pusat UTBK yang sudah kamu pilih.

3. Pemilihan Pusat UTBK tidak terkait dengan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang menjadi tujuan.

Alur memilih pusat UTBK:

1. Peserta akan mendapat tampilan halaman dengan kotak berisikan pesan bahwa peserta harus memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili peserta saat ini. Tekan tombol YA, Saya Mengerti agar peserta dapat memilih Pusat UTBK. ––

2. Peserta dapat melihat Data Diri peserta. Berupa nama, tempat dan tanggal lahir, NISN, NPSN, sekolah, Nomor KIP Kuliah, status kebutuhan khusus dan kelompok ujian peserta.

3. Pada bagian bawah halaman Memilih Pusat UTBK, peserta dapat memilih Pusat UTBK melalui daftar drop down yang tersedia. Perlu diperhatikan, peserta harus memilih Pusat UTBK terdekat dengan domisili, di mana peserta sedang berada untuk menghindari mobilisasi antar kota/provinsi.

4. Apabila pilihan lokasi Pusat UTBK peserta sudah benar dan sesuai, maka tekan tombol Simpan dan Lanjutkan.

Sebagaimana diketahui pendaftaran UTBK-SBMPTN 2021 masih dibuka hingga 1 April 2021. Peserta SBMPTN 2021 merupakan siswa SMA/MA/SMK/sederajat lulusan tahun 2019, 2020, dan 2021 yang sudah melakukan registrasi akun LTMPT dan disimpan secara permanen.

Selain itu bisa datang dari siswa lulusan Paket C tahun 2019, 2020, dan 2021 dengan umur maksimal 25 tahun. Adapun tata cara daftar dan jadwal UTBK-SBMPTN 2021 bisa diunduh lewat laman resmi LTMPT, yakni https://ltmpt.ac.id/. (des)***

No More Posts Available.

No more pages to load.