Luar Biasa, Siswa Indonesia Borong Emas di Kompetisi Matematika Internasional

Kepala Pusprenas Kemendikbud Asep Sukmayadi, (Foto: Jawapos.com).

Share

DIDIKPOS.COM – Siswa Indonesia memborong medali emas dalam kontes International Eduversal Mathematics Competition (I-EMC) 2021. Event ini diikuti siswa yang berasal dari 53 negara.

Pada pengumuman pemenang I-EMC 2021 yang disampaikan secara virtual Sabtu (27/3/2021), delapan siswa Indonesia menggondol delapan dari sembilan penghargaan Gold Absolute Winner.

Satu penghargaan Gold Absolute Winner diraih peserta dari Turkmenistan. Selain itu banyak siswa Indonesia memperoleh medali gold.

Selain Indonesia dan Turkmenistan, kompetisi ini juga diikuti peserta dari Australia, Amerika, Inggris, Nigeria, Vietnam, Kazakhstan, Afrika Selatan Brasil dan negara-negara lainnya. Total peserta kompetisi yang digelar secara online mencapai seribu anak.

Kepala Pusat Prestasi Nasional (Pusprenas) Kemendikbud Asep Sukmayadi menyampaikan selamat kepada para siswa yang mendapat penghargaan. Baik siswa Indonesia maupun negara lainnya.

“Selamat kepada semua peserta. Walaupun dunia masih menderita (karena Covid-19, Red),” tuturnya.

Asep mengatakan, mencintai matematika merupakan sebuah pengalaman berharga. Ajang kompetisi tingkat dunia itu, diharapkan bisa menjadi media membangun persahabatan serta jejaring untuk kemajuan bangsa dan dunia secara umum.

Presiden I-EMC Tian Abdul Aziz mengatakan saat ini situasi sulit tidak hanya dirasakan pelajar di Indonesia saja. Tetapi juga pelajar di banyak negara. Mereka harus belajar jarak jauh atau dari rumah untuk terhindar dari penularan Covid-19.

“Di situasi sulit seperti ini, kompetisi tetap dilakukan. Sebab siswa tetap harus mendapatkan wadah untuk mengasah kemampuan serta kreativitas masing-masing,” katanya.

Ia menambahkan, soal yang diperlombakan di atas standar soal nasional. Sehingga, diharapkan bisa menjadi stimulasi kreatifitas dan daya berpikir kritis anak-anak. (ysu)***