Minat Mengajar di Luar Negeri? Kemendikbud Buka Seleksi Guru SILN 2021

(Ilustrasi: Kemendikbud)

Share

DIDIKPOS.COM – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Seleksi Bersama Penerimaan Guru Tenaga Kependidikan Sekolah Indonesia di Luar Negeri (SILN) Tahun 2021. Calon guru SILN 2021 akan ditempatkan di berbagai negara dan tiap negara memiliki formasi yang berbeda.

“Dalam program Guru dan Tenaga Kependidikan SILN 2021 ini disediakan sebanyak 117 formasi. Program ini dibuka pada 3 Maret sampai 16 Maret 2021. Pengumuman hasil seleksi administrasi dilaksanakan pada 25 Maret 2021. Pelaksanaan seleksi dilaksanakan 6 – 9 April 2021. Pengumuman hasil seleksi dilaksanakan bulan Mei 2021,” kata Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Ainun Na’im, dalam siaran pers dari Kemendikbud, Jumat (5/3/2021).

“Tujuan dari program Guru dan Tenaga Kependidiakan SILN 2021 adalah untuk memenuhi formasi kebutuhan guru dan tenaga kependidikan di Sekolah Indonesia Luar Negeri dan Pusat Kegiatan Belajar Indonesia (Community Learning Center/CLC) yang ada di luar negeri,” sambungnya.

Dikatakannya, persyaratan umum yang harus dipenuhi di antaranya warga negara Indonesia (WNI) dan usia maksimal saat mendaftar 40 tahun. Adapun persyaratan khusus untuk formasi guru antara lain berstatus sebagai Guru PNS maupun Guru bukan PNS.

Bagi guru PNS minimal pangkat Penata Muda Tk.I, golongan ruang III/b dan berijazah minimal S-1 sesuai bidang yang dibutuhkan dengan minimal IPK 2.75

“Untuk Tenaga Kependidikan syarat yang harus dipenuhi antara lain PNS di lingkungan Kemendikbud, berijazah minimal S-1, dengan minimal IPK 2.75, dan memiliki masa kerja sebagai PNS minimal 5 tahun. Sedangkan untuk yang berstatus bukan PNS (ditempatkan di CLS) berijazah minimal S-1 Ekonomi/Akuntansi yang bersertifikat Akuntansi, dengan minimal IPK 2.75,” tuturnya.

Informasi lengkap seputar Seleksi Bersama Penerimaan Guru Tenaga Kependidikan SILN Tahun 2021 bisa mengakses: http://mutasi.sdm.kemdikbud.go.id/siln/?menu=4&&submenu=422. (des)***