44 Buku Urang Banjar Dipamerkan

Yayasan Ruang Baca Komunitas dengan dukungan TB. Lumpur Mas menggelar Pameran Karya Litera, di SMAN 1 Banjar, pada 15-18 April 2021, (Foto: Dodi Achadiyat/Didikpos.com)

Share

DIDIKPOS.COM – Sebanyak 44 judul buku karya orang Banjar dipamerkan dalam acara bertajuk PKL alias Pameran Karya Litera.

Acara bertempat di SMAN 1 Banjar ini digagas oleh Yayasan Ruang Baca Komunitas (YRBK) dengan dukungan TB. Lumpur Mas. Pameran dilaksanakan mulai 15-18 April 2021.

Pendiri YRBK, Sofian Munawar, menuturkan, kegiatan ini dimaksudkan sebagai upaya untuk mengapresiasi karya-karya literasi orang Banjar dan karya tentang Banjar. Sehingga, isi yang tertulis di buku akan lebih banyak diketahui khalayak.

“Kami berharap dapat saling menginspirasi dan saling mengapresiasi sehingga budaya literasi terus meningkat, terutama di kota kita tercinta,” ucap Sofian.

Dari puluhan karya buku tampak terlihat beragam judul, seperti buku-buku sastra (cerpen, puisi, novel) dan sejumlah antologi dari ragam tema.

“Para penulisnya berasal dari lintas profesi yang beragam, mulai dari dosen, guru, siswa, mahasiswa, jurnalis, pejabat publik, dan lain-lain,” tambah Sofian.

Kegiatan ini mendapat apresiasi positif dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kota Banjar. Kepala Bidang Perpustakaan, DKP Kota Banjar, Dra. Sri Astuti, M.A.P., menyebutkan, kegiatan seperti ini sangat positif, lebih-lebih di tengah situasi pandemi.

“Kegiatan ini sangat baik sekali. Kami dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan sangat mendukung hal-hal positif seperti ini. Kami bangga kepada RBK yang terus berkreasi meskipun dalam situasi sulit seperti ini,” ujarnya.

Dukungan serupa disampaikan sejumlah guru dan tenaga kependidikan lain. Salah satunya disampaikan Kepala SMPN 3 Banjar, Nia Kurniasih, S.Pd. M.Pd, yang mengikutsertakan 5 buah buku karyanya dalam pameran itu.

“Terima kasih kepada RBK yang sudah mewadahi dan mengapresiasi karya-karya literasi. Buku saya juga ada 5 judul yang turut dipamerkan di sini. Semoga giat seperti ini menjadi penyemangat bagi masyarakat, utamanya dunia pendidikan untuk terus meningkatkan budaya literasi sebagai bekal mencapai prestasi,” tambah Kepala Sekolah Teladan ini. (dac)***