Ada Layanan Test Swab PCR dari Injabar Unpad, Ditempatkan di Beberapa Area

(Ilustrasi: Republika)

Share

DIDIKPOS.COM – Injabar Unpad bekerja sama dengan Klinik Kesehatan Unpad dan LG International meluncurkan Padjadjaran Swab PCR Test.

Program ini berupa fasilitasi layanan swab PCR same day dengan harga terjangkau.

“Padjadjaran Swab PCR Test menyediakan layanan Test Swab PCR same day pada beberapa titik area di Jawa Barat. Layanan dilengkapi dengan registrasi melalui aplikasi InaTTI (Indonesia Test, Trace & Isolation) dengan fungsi tracing dan pendampingan isolasi mandiri oleh apoteker,” kata Direktur Utama Institut Pembangunan Jabar (Injabar), Keri Lestari, Kamis (29/4/2021).

“Untuk semua daerah di Jabar yang belum punya fasilitas BSL 2 bisa diperiksa ke sini. Harganya lebih murah, hanya Rp 780 ribu per tes kalau pasarannya kan di kisaran Rp 900 ribu,” sambungnya.

Lanjut Keri, untuk hasil tes, ada yang keluar sameday dan 24 jam untuk daerah yang jauh. Semuanya, berbasis aplikasi jadi kalau positif tapi tak bergejala bisa isolasi mandiri dengan di dampingi oleh dokter.

“Kapasitas pemeriksaan kami bisa 1.000 sehari. Selain itu, bisa dua shift,” katanya.

Ia menambahkan, tempat swab dalam layana ini bisa di mana saja. Saat ini, yang bekerja sama sudah ada di beberapa titik, yakni di Kabupaten Pangandaran dan Ciwidey Kabupaten Bandung.

“Harga pengetesan di Unpad lebih murah karena dari sisi proses memilih alat-alat yang murah tapi cepat. Selain itu, kami berkolaborasi dengan Klinik Unpad menyediakan tenaga terlatih untuk meminimilasir error,” terangnya.

Asisten Daerah Bidang Administrasi Sekretariat Daerah (Setda) Provinsi Jabar, Dudi Sudrajat Abdurachim, menyebutkan, angka Covid 19 di Jabar hingga saat ini masih tinggi.

“Kami berkolabirasi dengan Unpad membentuk In Jabar. Kami menyambut baik, karena K-lab ini bisa berbagi persoalan dan solusi,” katanya. (haf)***