News  

Fitur Baru Facebook, Pengguna Bisa Kontrol Siapa yang Beri Komentar di Unggahan

Share


DIDIKPOS.COM – Ada fitur baru di Facebook. Fitur ini memberikan lebih banyak kontrol atas konten yang dibagikan ke news feed pengguna. Pengguna dapat mengelola siapa yang bisa berkomentar di unggahan publik tersebut.

Untuk mengakses fitur baru ini, pengguna dapat mengaturnya di opsi yang tersedia di menu. Mulai dari semua orang yang melihat unggahan bisa berkomentar hingga hanya orang tertentu saja yang dapat berkomentar.

Mengutip keterangan resmi Facebook, Jumat (2/4/2021), dengan menyesuaikan audiens yang dapat berkomentar, pengguna bisa mengontrol lebih lanjut cara yang diinginkan untuk memicu percakapan di unggahan publik dan membatasi kemungkinan interaksi yang tidak diinginkan.

Jika pengguna merupakan tokoh publik, kreator, atau merek, mereka bisa memilih untuk membatasi audiens yang dapat berkomentar diunggahan publiknya.

Dengan begitu, para tokoh figur atau kreator bisa merasa aman dan dapat berinteraksi dalam percakapan lebih bermakna dengan komunitas.

“Fitur baru ini adalah salah satu cara terbaru kami untuk membantu Anda mengontrol dan mengkurasi news feed agar mencerminkan diri Anda seiring dengan berkembangnya minat dan prioritas Anda,” katanya.

Ini Alasannya

Pihak Facebook mengatakan, mereka berupaya membantu pengguna untuk memahami alasan mereka melihat konten yang ditampilkan di news feed.

Pada Oktober 2020, Facebook memudahkan pengguna mengurutkan dan menelusuri news feed sehingga pengguna bisa memiliki lebih banyak kontrol atas konten yang dilihat.

“Kami meluncurkan Favorit, fitur baru untuk mengontrol dan memprioritaskan unggahan dari teman dan Halaman yang paling penting bagi mereka di news feed,” sebutnya.

Lanjutnya, jika seorang pengguna memilih hingga 30 teman dan halaman atau pages, dapat digunakan sebagai filter tersendiri.

Orang yang sering menggunakan Favorit dapat mengaksesnya dari bilah filter beranda (Home Filter Bar), menu baru di atas news feed.

Home Filter Bar menawarkan akses yang lebih mudah ke Terbaru (latest). Pengguna dapat lebih mudah beralih antara news feed yang diurutkan berdasarkan algoritma dan kronologis mulai dari postingan terbaru.

Home Filter Bar

Dalam waktu dekat, pengguna aplikasi Android akan dapat mengakses Home Filter Bar ketika menggulir news feed.

Fungsionalitas yang sama akan diuji di aplikasi iOS pada minggu-minggu mendatang. Terlepas dari seberapa sering pengguna menggunakannya, mereka dapat menemukan Terbaru dan Favorit di menu Shortcut.

Ini merupakan tambahan terbaru dalam rangkaian kontrol yang sudah ada, sebelumnya Facebook sudah memiliki Snooze yang berfungsi untuk menyembunyikan sementara suatu unggahan dari orang tertentu. Facebook juga sempat menonaktifkan iklan politik.

Untuk membantu pengguna menjelajahi konten baru yang relevan, Facebook memberi saran ungahan di news feed berupa unggahan dari Halaman dan Grup yang dinilai menarik bagi pengguna tersebut.

Saran unggahan ini didasari beberapa faktor seperti interaksi unggahan, topik terkait, dan lokasi. (gib)***

Sumber: Liputan6.com