Inovasi dari Dispusipda Kabupaten Bekasi, Sediakan 1.774 Judul Buku Digital

(Ilustrasi: Istimewa)

Share

DIDIKPOS.COM – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Dispusida) Kabupaten Bekasi menyediakan sebanyak 1.774 judul buku melalui perpustakaan digital.

Untuk mengakses perpustakaan digital, cukup dengan mengunduh aplikasi iBekasiKab di ‘Playstore’.

Adapun buku yang tersedia dalam perpustakaan digital, mulai dari novel, cerita fiksi dan nonfiksi, hingga buku pelajaran untuk siswa SD, SMP, dan SMA, serta bagi mahasiswa perguruan tinggi.

“Di masa pandemi ini perpustakaan digital memberi keleluasaan dan kemudahan masyarakat yang ingin membaca buku. Karena bisa dilakukan di mana saja, di rumah sekalipun,” kata Kepala Bidang Perpustakaan Dispusida Kabupaten Bekasi, Nurhamidah di Cikarang, dikutip Antara, Sabtu (3/4/2021).

Ia berharap inovasi ini mampu meningkatkan minat baca menuju masyarakat Kabupaten Bekasi yang literal.

“Cocok untuk mengisi waktu luang ketika WFH (work from home) dan saat bulan ramadhan nanti,” katanya.

Dispusidda Kabupaten Bekasi juga berencana mengakomodasi warga secara langsung melalui perpustakaan keliling guna meningkatkan layanan membaca.

“Tahun ini kami akan menjangkau ke 100 titik di 23 kecamatan. Mulai sekolah, taman baca, kantor kecamatan, hingga area-area publik,” ujarnya.

Selain meningkatkan gemar membaca, lanjutnya, layanan perpustakaan keliling juga akan menjangkau wilayah-wilayah pedesaan yang jauh dari perpustakaan umum daerah. Sehingga, manfaat perpustakaan ini bisa terasa sampai ke setiap sudut daerah itu.

“Perpustakaan digital maupun keliling dibuat untuk memudahkan masyarakat mengakses referensi buku-buku bacaan, meningkatkan minat baca, sekaligus juga meningkatkan wawasan dan pengetahuan,” imbuh Nurhamidah. (haf)***