Mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UPI Ini Raih Juara I Pemilihan Duta Baca Jabar

Lia Sylvia Dewi, mahasiswi Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia UPI meraih juara I pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2021, (Foto: Istimewa).

Share

DIDIKPOS.COM – Lia Sylvia Dewi, mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Sastra (FPBS) Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), meraih juara I pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2021.

Event yang diselenggarakan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat, pada awal Maret lalu itu, menjaring mahasiswa usia 19-22 tahun yang bergiat di dunia literasi dan berkompetensi untuk menjadi agen peningkatan budaya baca di Jabar.

“Alhamdulillah, tak hanya berhasil masuk 10 besar, saya pun menjadi juara I pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2021. Suatu amanah yang luar biasa,” kata Lia, Jumat (2/4/2021).

“Banyak sekali yang saya dapat dalam pemilihan Duta Baca ini. Mulai dari wawasan baru, pengalaman berkunjung ke berbagai tempat, hingga Perpustakaan Nasional. Saya juga mendapat keluarga baru yang suportif dan satu misi,” sambungnya.

Lia menuturkan, serangkaian tahapan seleksi ia ikuti dalam pemilihan Duta Baca ini.

Saat mengikuti tahap pertama pemilihan, Lia harus bersaing dengan 247 peserta dari 26 Kabupaten/Kota di Jabar. Dalam tahapan ini, peserta harus membuat karya tulis ilmiah dan resume.

Lalu, dari 248 peserta ini, Lia termasuk 143 peserta yang terpilih mengikuti seleksi tahap 2. Pada tahap ini, peserta melaksanakan proses wawancara untuk selanjutnya dipilih tiga puluh finalis yang akan dikukuhkan sebagai Duta Baca Jawa Barat. Ketiga puluh finalis tersebut selanjutnya mengikuti karantina yang dilakukan di Hotel Shakti, Bandung.

“Pemilihan Duta Baca tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya. Biasanya juara akan dibagi menjadi juara I putra dan juara I putri, sehingga akan ada 12 juara.
Namun, dalam kondisi pandemi, jumlah finalis dipangkas lima puluh persennya. Dengan demikian, kompetisi menjadi semakin sulit dan para peserta tidak lagi berpasangan,” tuturnya.

Setelah dinobatkan sebagai juara I pemilihan Duta Baca Jawa Barat 2021, Lia mendapat samir emas, piala, dan uang tunai senilai Rp. 5 juta.

“Ini menjadi amanah baru bagi saya. Selepas ini ada serangkaian program yang harus saya emban sebagai Duta Baca,” pungkas Lia. (des)***