Ridwan Kamil Akan Desain Masjid Islamic Center Surabaya Atas permintaan Gubernur Jatim

Share

DIDIKPOS.COM – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, menyatakan, dirinya berkomitmen untuk menyampaikan dakwah melalui infrastruktur. Salah satunya dengan mendesain masjid di berbagai daerah dan negara.

Teraktual, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– akan mendesain masjid di Islamic Center Surabaya, Jawa Timur. Hal itu dikatakannya saat bersilahturahmi dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (19/4/2021) malam.

“Bu Khofifah meminta saya untuk mendesainkan masjid di Surabaya,” kata Kang Emil.

“Alhamdulillah jadi ladang ibadah. InsyaAllah nanti di Jatim akan didesainkan masjid paling keren se-Indonesia,” imbuhnya.

Selain di Indonesia, Kang Emil juga mendesain Masjid Syeikh Ajlin di Gaza Palestina. Peletakan batu pertama pembangunan masjid tersebut pada Rabu (7/4/2021) diselimuti rasa haru.

Tak hanya bersilaturahmi dengan Khofifah, dalam agenda tersebut, Kang Emil turut menghadiri Muslimat NU Jabar. Ia mengaku terharu akan kerinduan Muslimat NU Jabar untuk bertemu secara langsung dengan pemimpinnya.

“Sangat terasa memang kalau pidato dari hati, bergetar lahir batin saking bahagianya, karena memang selama COVID-19 tatap muka dibatasi,” tuturnya.

Menurut Kang Emil, bertemu secara langsung dengan menerapkan protokol kesehatan dapat melepas kerinduan dalam organisasi tersebut.

“Nikmat terbesar adalah nikmat silaturahmi, kami para pemimpin ini jarang bertemu biasanya sebulan sekali di Jakarta oleh kegiatan,” ucapnya.

“Dan oleh COVID-19 ini kami dibatasi, saya dengar Bu Khofifah juga dua tahun menahan diri. Tadi kerinduan Muslimat NU luar biasa kerasa sekali,” imbuhnya.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa mengaku kagum dengan desain-desain masjid yang dibuat oleh Kang Emil.

“Tadi saya juga matur kepada beliau mohon untuk bisa di-suport bagaimana arsitektur yang beliau sudah lakukan. Saya ke Padang dan saya menikmati sekali bagaimana arsitektur masjid Raya Sumatera Barat yang luar biasa dan di Makassar juga,” katanya.

“Saya menikmati hasil karya beliau juga dan tentunya kita berharap bahwa akan ada sentuhan beliau untuk arsitektur masjid yang sedang kita siapkan untuk Islamic Center di Surabaya,” tambahnya.

Khofifah berharap desain masjid di Islamic Center Surabaya segera selesai, sehingga peletakan batu pertama pembangunan masjid dapat dilakukan.

“Mudah-mudahan ini bisa disegerakan dari berbagai kesibukan beliau karena kami berharap di tahun 2021 ini bisa kita mulai proses groundbreaking-nya. Mudah-mudahan silaturahmi ini akan menjadi bagian dari saling menyambung program di provinsi masing-masing,” tuturnya. (kur)***