Fakultas Saintek UIN Bandung Gelar Kompetisi Riset Bertaraf Internasional secara Virtual

Share

DIDIKPOS.COM – Fakultas Sains dan Teknologi (Saintek) UIN Sunan Gunung Djati Bandung bekerja sama dengan Indonesian Young Scientist Association (IYSA) akan menyelenggarakan kompetisi penemuan bertaraf internasional bertajuk International Invention Competition for Young Moslem Scientists (IICYMS).

Kompetisi ini akan digelar pada 1-6 Juli 2021 secara virtual.

Wakil Dekan III Fakultas Saintek UIN Bandung yang juga penanggung jawab kegiatan, Dr. Aep Saepuloh, M. Si.
mengatakan, IICYMS merupakan salah satu kompetisi riset internasional terbesar di Indonesia.

Kompetisi ini memberikan wadah bagi para mahasiswa dan pelajar muslim dari berbagai negara untuk berbagi dan menampilkan proyek mereka dalam rangka meningkatkan khazanah pengetahuan dari berbagai disiplin ilmu.

Lanjut Aep, kompetisi ini dapat diikuti oleh seluruh pelajar muslim dari tingkat dasar (SD), menengah (SMP dan SMA), sampai mahasiswa S1 yang berasal dari berbagai negara dan membentuk satu tim yang terdiri dari 2-5 orang, di luar mentor/pembimbing.

“Setiap tim tersebut hanya diperbolehkan mengirimkan satu proyek dari beberapa kategori yang ada lalu dinilai oleh para juri ahli di masing-masing bidang,” katanya.

Adapun kategori proyek terdiri dari Sains Murni (Matematika, Biologi, Fisika dan Kimia), Sains Kehidupan, Ilmu Lingkungan, Teknik Mesin dan Teknik Elektro, Ilmu Komputer, Ilmu Sosial, Sains dalam Islam, Pendidikan dan lainnya.

“Dalam kegiatan ini akan hadir Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam untuk ikut serta menyambut dan memeriahkan kegiatan. Selain menampilkan proyek dari tiap tim, nantinya IICYMS akan menampilkan pula pengenalan budaya Jawa Barat,” pungkasnya.

Berbagai informasi terkait penyelenggaraan kompetisi ini dapat diakses melalui situs resmi serta akun media sosial resmi IICYMS. Untuk link infomasi : http://iicyms.or.id/, Intsagram :@iicyms_official dan no kontak : 0858-6073-2693. (des)***